Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Meski Sudah Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Tetap Dapat Pengawalan Paspampres

Jumat, 26 Februari 2021 20:42 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution diketahui hari ini resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo dan Wali Kota Medan.

Meski sudah menjadi wali kota, Gibran dan Bobby tetap mendapat pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Hal ini sesuai dengan aturan terkait pengamanan anggota keluarga presiden.

Dikutip dari Kompas.com, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto memastikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tetap mendapat pengawalan dari pihaknya.

Hal tersebut sesuai dengan tugas pokok Paspampres untuk melakukan pengamanan jarak dekat pada Presiden, Wakil Presiden, dan keluarganya.

Sehingga pengawalan Gibran karena statusnya sebagai anggota keluarga presiden, bukan karena sebagai Wali Kota.

"Sesuai tugas pokok Paspampres yakni melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada Presiden, Wakil Presiden, dan keluarganya," ujar Agus kepada wartawan, Jumat (26/2/2021).

"Kemudian, kepada tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden, mantan wakil presiden. Jadi anak-anak presiden dapat pengawalan dari Paspampres. Bukan karena (status) wali kota-nya (Gibran)," lanjutnya.

Pun sama halnya dengan menantu Presiden Jokowi yakni Bobby Nasution yang hari ini resmi jadi Wali Kota Medan beserta sang istri Kahiyang Ayu.

"Suami istri dapat," tutur Agus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka dilantik bersama Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021-2026 pada Jumat (26/2).

Keduanya dilantik bersama dengan beberapa kepala daerah di Jawa Tengah oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara daring.

Proses pelantikkan dilakukan di Gedung Graha Paripurna DPRD Solo.

Sementara itu, Bobby dilantik bersama Aulia Rachman oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

(TribunVideo.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Resmi Dilantik Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Tetap Dikawal Paspampres

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Fransisca Krisdianutami Mawaski
Video Production: arvent
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved