Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Gelak Tawa Pimpinan DPRD DKI Respon Rencana PSI Interpelasi Anies soal Banjir, PKS Sebut Pencitraan

Jumat, 26 Februari 2021 19:24 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta berencana mengajukan interpelasi terhadap Gubernur Anies Baswedan terkait banjir di Jakarta.

Namun, rencana itu malah disambut gelak tawa pimpinan DPRD Jakarta hingga disebut pencitraan oleh Fraksi PKS.

Rencana interpelasi Anies Baswedan itu disampaikan oleh Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Kamis (25/2/2021) siang.

Dikutip dari Kompas.com, rencana ini ada lantaran Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian Untayana menyebut Anies tidak serius menangani banjir.

"Pemprov DKI terkesan abai dalam pencegahan banjir. Akibatnya, rakyat yang menderita, kami khawatir akan menjadi preseden buruk untuk periode pemerintahan berikutnya pasca-berakhirnya masa jabatan Gubernur Anies," ujar dia.

Fraksinya heran kenapa Pemprov DKI yang punya anggaran fantastis masih gagal dalam menanggulangi banjir.

Menurut Justin, hak interpelasi diambil sebagai jalan konstitusional untuk mendengar alasan dan keseriusan dari Anies terkait penanganan banjir Jakarta.

"Ini adalah tanggung jawab moral dan politik PSI terhadap warga Jakarta, khususnya yang dirugikan oleh banjir akibat kegagalan dan ketidakseriusan Gubernur Anies mengelola penanggulangan banjir," kata Justin.

Namun, Ketua Dewan Penasihan DPD Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik, malah tertawa menanggapi rencana interpelasi itu.

"Haha bagaimana mau interpelasi, silakan saja siapa yang mau nyambut?" ujar Taufik.

Ia pun meragukan apakah ada fraksi lain yang mau mendukung rencana itu.

Sementara sejumlah fraksi di DPRD DKI juga terlihat tidak menunjukkan dukungannya terhadap rencana interpelasi PSI.

Seperti Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono yang mengatakan, evaluasi penanganan banjir sebaiknya dilakukan melalui rapat kerja, bukan dengan interpelasi.

"Dalam konteks ini saya rasa kami fokus evaluasi dengan hal yang bersifat teknis bersama dengan SKPD (satuan kerja perangkat daerah)," kata Gembong saat dihubungi melalui telepon, Kamis (25/2/2021).

Sedangkan Fraksi PKS, yang mengusung Anies di Pilgub 2017 lalu, menganggap rencana interpelasi ini sebagai pencitraan belaka.

Mohammad Arifin sebagai Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta menilai rencana interpelasi yang dilontarkan Fraksi PKS agar tetap terlihat kritis terhadap kepemimpinan Anies.

Ia pun yakin rencana itu tidak akan mendapat dukungan dari fraksi-fraksi lain.

"Biasa lah itu bagian dari pencitraan. Paling juga teman-teman (fraksi) yang lain pasti tidak akan merespons, tidak akan menanggapi," ujar Arifin ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (25/2/2021). (Tribun-video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Rencana PSI Interpelasi Anies soal Banjir Disambut Gelak Tawa Pimpinan DPRD DKI"

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Dea Mita
Video Production: Aditya Wisnu Wardana
Sumber: Kompas.com
Tags
   #DPRD DKI Jakarta   #pencitraan   #Anies Baswedan   #banjir   #PKS
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved