Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Tembok Rumah Ibunya Roboh Timpa Rumah Tetangga, Dino Patti Djalal Siap Bayar Ganti Rugi

Rabu, 24 Februari 2021 14:44 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Tembok pagar rumah Dino Patti Djalal yang terletak di Kavling Melati Jalan Kemang Timur XI, Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan, longsor.

Imbasnya, sejumlah rumah yang berada di samping rumah keluarga Dino tertimpa puing-puing longsor.

Terkait insiden itu, Dino menyatakan siap memperbaiki rumah warga yang rusak akibat tertimpa tembok rumah keluarganya itu.

Belakangan diketahui, tembok pagar yang roboh itu ternyata milik ibu dari mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal.

Tembok pagar rumah milik ibu Dino Patti Djalal yang roboh itu menimpa beberapa rumah warga lain hingga mengalami kerusakan.

Tercatat ada empat rumah milik warga yang terdampak longsor tembok pagar rumah milik keluarga Dino.

Reruntuhan tembok pagar juga menyumbat saluran air sehingga mempeparah banjir di lingkungan sekitar pada Sabtu (20/2/2021) dini hari lalu.

Baca: Polisi Tangkap Fredy Kusnadi atas Kasus Mafia Tanah Ibu Dino Patti Djalal, Begini Peran Sentralnya

Keluarga mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal bersedia mengganti rugi sejumlah rumah yang tertimpa tembok rumah milik keluarganya itu.

“Yang pasti rumah yang kena, tadi saya sudah bicara dengan ibu saya, rumah yang kena nanti akan kami perbaiki. Saya sudah bicara dengan salah satu keluarga yang punya rumah, kami akan cari solusi terbaik,” kata Dino di lokasi kemarin.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Mustajab menyebutkan, curah hujan tinggi dan adanya sumur resapan di lahan milik ibu Dino yang berbentuk lereng membuat struktur tanah bergeser dan menyebabkan tembok pagar itu roboh.

Dikutip dari Kompas.com, sumur resapan di tanah milik ibu Dino Patti Djalal yang berbentuk lereng, membuat tanah menjadi jenuh dengan air saat terjadi hujan deras.

“Kalau jenuh, itu potensi untuk sleding atau untuk longsor itu sangat tinggi, apalagi ditambah curah hujan yang sangat lebat. Itu kami tidak merekomendasikan (adanya sumur resapan),” kata Mustajab di lokasi, Selasa.

Baca: LIVE UPDATE: 15 Tersangka Kasus Mafia Tanah yang Rugikan Ibu Dino Patti Djalal Ditangkap

Mustajab juga menduga, adanya kolam renang di belakang rumah ibu Dino Patti Djalal membuat tanah longsor dan merobohkan tembok pagar.

Mustajab menambahkan, air kolam renang bisa meresap ke tanah dan membuat tanah jenuh.

“Tidak (direkomendasikan kolam renang dekat lereng) karena ini tidak kedap. Sehingga bebannya air sendiri bisa ngeresep ke tanah, bisa buat beban struktur ini jadi basah, menjadi jenuh,” kata Mustajab. “Kita enggak bisa jamin kolam renang ini benar kedap apa enggak. Ada kebocoran mungkin,” tambah dia.

Reruntuhan tembok pagar itu menyebabkan saluran air tersumbat dan berdampak banjir yang meluap.

Warga menyebutkan, dari luapan tersebut menyebabkan banjir mencapai dua meter.

“Kalau banjir ini memang sudah biasa ya, kalo hujan deras pasti banjir terus. Paling lima tahun sekali. Waktu itu tahun 2007, terakhir tahun 2020 paling parah segini 1,5 meter. Karena tembok roboh, bisa sampai dua meter kurang lebih,” ujar warga RT 010 RW 03, Puji Rahayu (39) hari Minggu lalu. (Tribun-video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tembok Pagar Rumah Milik Ibu Dino Patti Djalal Roboh dan Timpa Rumah Lain, Keluarga Dino Siap Bayar Ganti Rugi

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved