Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Bantuan Logistik Kurang, Anak-anak hingga Orang Dewasa Korban Banjir Karawang Terpaksa Mengemis

Rabu, 24 Februari 2021 13:06 WIB
Tribun Jabar

TRIBUN-VIDEO.COM - Sejumlah anak-anak hingga orang dewasa korban banjir Kampung Benteng, Kelurahan Tanjungmekar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat terpaksa mengemis untuk membeli makanan.

Mereka mengaku bantuan yang diberikan pemerintah tidak mencukupi.

Beberapa korban banjir terlihat mengemis di tepian Jalan Ranggagede, tak jauh dari lokasi mereka mengungsi, Selasa (23/2/2021).

Terlihat anak-anak usia enam hingga sepuluhan tahun ini membawa wadah plastik, kaleng dan baskom, atau kotak kardus, kemudian mengasongkannya pada para pengendara yang kebetulan melintas.

Baca: TNI AL Distribusikan Sembako hingga Pakaian untuk Korban Banjir di Bekasi dan Karawang

Dilansir TribunJabar.id, sejumlah pengungsi dewasa juga melakukannya hal itu.

Beberapa bahkan sambil menggendong anaknya yang masih balita.

"Memang, sesekali ada bantuan nasi, akan tetapi itu tidak mencukupi untuk warga terdampak banjir," Asman (43), salah seorang korban banjir Kampung Benteng, yang juta terpaksa ikut mengungsi.

Aminah (47), satu di antara korban banjir mengatakan, mengemis atau ngencleng, semata ia lakukan untuk bertahan hidup.

Baca: Penjelasan Polisi yang Sita Perahu Karet FPI untuk Evakuasi Korban Banjir: Ya Kita Larang

Ia mengungkapkan, hampir semua pengungsi di sana melakukannya.

"Banyak juga, masing-masing warga. Yang ngungsi aja di sekitar (kampung) Benteng ini ada sekitar 150 orangan," kata Aminah.

Sudah Dibantu

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Dani Ramdan, mengakui sempat kekurangan bantuan logistik.

Namun, sekelompok warga korban bencana banjir yang terpaksa mengemis di Jalan Ranggagede, sudah mendapat bantuan logistik kembali, Selasa (23/2/2021).

"Sudah saya konfirmasi ke Kepala Pelaksana BPBD Karawang, bahkan kepala desanya yang datang. Itu sudah diberikan distribusi logistik. Kemarin sebenarnya sudah diberi logistik, cuma karena mungkin kurang, dengan kondisi pengungsian yang di pinggir jalan raya, jadi ya dimanfaatkan untuk meminta kepada yang lewat. Tapi tadi sudah ditambah logistik lagi ke sana sampai cukup," kata Dani kepada Tribun saat dihubungi melalui telepon, kemarin. (Tribun-video.com/Tribunjabar.id)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Bocah Korban Banjir di Tanjungmekar Karawang Mengemis, Bawa Kardus dan Kaleng Bekas, Buat Makan

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Dea Mita
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Tribun Jabar
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved