Yandex

Terkini Nasional

Ramai Kerumunan Sambut Jokowi Tanpa Jaga Jarak, Apa Bedanya dengan Kasus Rizieq Shihab

Rabu, 24 Februari 2021 13:05 WIB
Kompas TV

TRIBUN-VIDEO.COM - Video yang memperlihatkan kerumunan warga menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) ramai jadi perbincangan di jagat maya.

Peristiwa itu terjadi saat Presiden Jokowi tiba di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam rangka kunjungan kerja.

Hal tersebut diakui Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Menurutnya, saat itu, Presiden Jokowi hendak meresmikan Bendungan Napun Gete.

"Benar itu video di Maumere," kata Bey sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Selasa (23/2/2021).

Video tersebut beredar di media sosial. Warga berkerumun menyambut kedatangan Presiden. Warga bersorak, bertepuk tangan, melambaikan tangan, dan mengabadikan momen menggunakan ponsel.

Meski menggunakan masker, warga terlihat tak menerapkan jaga jarak.

Melalui atap mobil yang terbuka, Jokowi nampak menyapa warga. Ia mengenakan masker hitam dan melambaikan tangan ke masyarakat.

Jokowi sempat terlihat mengetuk-ngetukan tangan ke masker yang ia kenakan, seakan mengingatkan tentang penggunaan masker.

Ia lantas membagikan sejumlah suvenir ke warga dengan melemparnya dari atap mobil.

Presiden Ingatkan Penggunaan Masker

Bey menjelaskan, saat Presiden dan rombongan masih dalam perjalanan, masyarakat Maumere sudah menunggu di tepi jalan. Warga kemudian mendekat ketika mobil Jokowi tiba.

"Saat dalam perjalanan masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan. Saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti," terangnya.

Melihat spontanitas dan antusiasme warga, Jokowi pun akhirnya menyapa dari atap mobil.

Bersamaan dengan itu, Jokowi mengingatkan warga untuk memakai masker.

"Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker," ujar Bey.

"Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," sambungnya.

Bey menambahkan, pembagian suvenir yang dilakukan Jokowi merupakan bentuk spontanitas untuk menghargai antusiasme masyarakat. Suvenir yang dibagikan berupa buku, kaus, dan masker.

"Tapi poinnya Presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan," kata dia.

Demokrat Singgung Kerumunan Rizieq Shihab

Sementara itu, politikus Partai Demokrat Benny K Harman turut menyoroti kerumunan saat kunjungan Presiden Jokowi di Maumere NTT tersebut.

"Luar biasa rakyat Maumere Flores sambut Presiden Jokowi. Mereka tumpah ruah ke jalan, rela terpapar Covid hanya utk melihat langsung wajah Presiden," kata anggota Komisi III dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur I itu melalui cuitan twitternya, Selasa (23/2/2021).

Tidak hanya itu, Benny juga membandingkan peristiwa tersebut dengan kejadian saat pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pulang ke Indonesia dan disambut meriah para pendukungnya.  

"Teringat saya dengan masyarakat sambut Habib Riziek di Bandara Soetta saat pulang dari LN. Seolah tidak percaya bahaya Covid. Monitor!" ujar Benny.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas TV dengan judul Ramai Kunjungan Jokowi Tanpa Jaga Jarak hingga Singgung Kerumunan Rizieq Shihab

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Winda Rahmawati
Sumber: Kompas TV
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved