Yandex

Terkini Metropolitan

Meski Anies Klaim Sukses Atasi Banjir, Kadin SDA Malah Dicopot, Begini Penjelasan Wagub DKI Jakarta

Rabu, 24 Februari 2021 12:07 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUN-VIDEO.COM, GAMBIR - Pencopotan Juaini Yusuf dari posisinya sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) menimbulkan tanda tanya besar.

Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama ini mengklaim sukses mengatasi banjir yang menerjang ibu kota di awal tahun 2021.

Bila benar Jakarta sukses mengatasi banjir, tentu hal ini tidak terlepas dari kinerja Dinas SDA.

Baca: Pintu Air Bendung Ciputat Jebol, Diperkirakan akan Memperburuk Dampak Banjir di Dua Perumahan

Namun, diam-diam Anies justru mencopot Juaini dari jabatannya. Kabar pergantian Kepala Dinas SDA pun baru diketahui saat Anies melantik 13 pejabat tinggi di lingkungan Pemprov DKI.

Juaini pun harus menerima turun kelas setelah digeser Anies menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Utara menggantikan Ali Maulana Hakim yang naik jabatan menjadi Wali Kota Jakarta Utara.

Terkait hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut, pergantian jabatan di tubuh Dinas SDA ini merupakan hal yang lumrah.

"Ya pergantian, mutasi, rotasi, apapun namanya dalam jabatan struktural di DKI Jakarta itu sesuatu yang biasa. Orang itu kan harus tour of duty," ucapnya, Selasa (23/2/2021).

Politisi Gerindra ini menyebut, Gubernur Anies Baswedan sebagai orang nomor satu di DKI disebutnya telah mempertimbangkan pergeseran jabatan ini dengan matang.

Meski demikian, Ariza tak menjelaskan secara rinci pertimbangan mendepak Juaini dari posisi Kadis SDA.

Baca: Merasa Aneh Kantornya Terendam Air, Ganjar Pranowo: Impossible, Mosok Kantor Gubernur Banjir

"Ada berbagai pertimbangan, semuanya telah dipertimbangkan masak-masak, kriterianya disesuaikan kompetensi, pembidangan, dan visi-misi," ujarnya.

Ariza berharap, Kepala Dinas SDA yang baru bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin, sehingga ke depan masalah banjir bisa segera dituntaskan.

Kepada Juaini pun Ariza berpesan agar menjalankan tugas barunya sebagai Wakil Wali Kota Jakarta Utara dengan sebaik-baiknya.

"Yang penting semua bisa memahami dan mengerti, dimanapun kita diberi kesempatan menjabat, di situ tempat kita berbakti memberikan kontribusi terbaik," kata dia. (*)

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved