Yandex

Terkini Daerah

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Bima Arya Cek Kesiapan Tim untuk Siaga Bencana

Rabu, 24 Februari 2021 08:33 WIB
Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUN-VIDEO.COM - Prediksi cuaca ektrim dari BMKG langsung disikapi dengan cepat oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bima Arya langsung melakukan apel siaga bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jalan Pool Bina Marga, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sare Kota Bogor yang dihadiri oleh Dinas PUPR dan Camat Tanah Sareal.

Disana Bima mengingatkan pentingnya pemetaan bencana alam dan maping masalah yang ada di lokasi rawan bencana.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meminta agar BPBD dan wilayah bisa dengan cepat berkordinasi dengan PUPR untul menangani bencana alam.

Sehingga ketika terjadi cuaca ekstrim bisa meminimalisir bencana

"Saya tekankan tadi ya saya minta BPBD juga meminta masukan ke dinas terkait perbaikan infrastruktur dan intervensi fisiknya itu point pertama, Point kedua semuanya harus siap dengan kondisi terburuk," katanya Selasa (23/2/2021) saat apel siaga bencana.

Kesiap siagaan itu kata Bima dilakukan mengingat prediksi cuaca ekstrim yang diperkirakan masih akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan.

Baca: INFO BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini Rabu 24 Februari 2021, Jakarta Pusat dan Surabaya Hujan

"Kesiapan dari tim bai dari BPBD Dinas dan wilayah ini mengantisipasi curah hujan yang eksrim berdasarkan prediksi dari BMKG, kesiapan sistem kordinasi jadi ketika katulampa siaga 1 sistem sudah bergerak," ujarnya.

Selain itu juga proses evakuasi harus dilakukan secara matang dengan dilakukan simulasi.

Agar ketika terjadi bencana warga yang berada di lokasi rawan bencana dan petugas evakuasi sudah bisa menjalankan sistem penanganan bencana.

Setelah melakukan apel dan pengecekan alat siaga bencana Bima Arya didampingi Kepala BPBD Priyatna Syahsah dan Kadis PUPR Chusnul Rozaki langsung meninjau lokasi langganan banjir di Taman Sari Persada.

"Yang kedua ada proses evakuasi yang sudah disimulasikan tadi kita cek jadi memang ada beberapa tirik yang menjadi langganan banjir begitu terjadi sudah ada mekanismenya karena sudah disimulasikan," katanya.

Terakhir Bima juga berpesan kepada Dinas Sosial untuk mensiagakan bantuan natura.

"Saya minta ditambah di Dinsos naturanya dan yang terakhir adalah mensosialisasikan krpada warga hari hari kedepan agar menghindari berada di titik rawan," katanya. (*)

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Sekar Manik Pranita
Sumber: Tribunnews Bogor
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved