Yandex

Travel

Jalur Sempat Kebanjiran, Perjalanan KA Daop 1 Jakarta Sudah Kembali Normal

Selasa, 23 Februari 2021 23:06 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Jalur hilir kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang di Kabupaten Bekasi sudah aman untuk dilewati oleh seluruh KA dari area Daop 1 Jakarta mulai Selasa (23/2/2021).

Menurut keterangan pers dari PT KAI dalam situs resminya, sebelumnya jalur tersebut sempat tergerus akibat banjir dan tidak dapat dilalui kereta api pada Minggu (21/2/2021) dan Senin (22/2/2021).

“Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka seluruh kereta api di Daop 1 Jakarta, khususnya dari dan menuju Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi,” kata VP Public Relations PT Kai Joni Martinus.

KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB. Seluruh KA yang melintasi jalur tersebut dibatasi kecepatannya maksimal 10 km/jam.

Namun, secara bertahap kecepatan KA akan ditingkatkan.

Joni menjelaskan, petugas KAI telah melakukan berbagai upaya secara terus menerus guna menormalisasi jalur KA.

Selain itu, pihaknya juga telah berupaya untuk menguatkan fondasi, menambah batu balas, serta memadatkan jalur KA menggunakan alat berat.

Perjalanan KA dibatalkan selama dua hari

Sebelumnya, seluruh perjalanan KA Jarak Jauh pada Minggu dan Selasa keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dibatalkan.

Sebab, terdapat genangan banjir mencapai ketinggian hingga 150 sentimeter pada petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemahabang KM 55+100 sampai dengan KM 53+600.

Selain menyebabkan jalur rel tergenang, aliran banjir juga mengalir cukup deras, sehingga fondasi batu balas pada rel tergerus.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses aplikasi KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121 line (021)121, email cs@kai.id, serta media sosial @keretaapikita dan @kai121_.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sempat Kebanjiran, Perjalanan KA dari Daop 1 Jakarta Normal Kembali"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
Tags
   #PT KAI   #PT KAI Daop 1   #banjir
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved