Yandex

DPRD Sumbar Segera Usulkan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Terpilih ke Mendagri

Selasa, 23 Februari 2021 15:32 WIB
Tribun Padang

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUN-VIDEO.COM - DPRD Sumbar menggelar rapat paripurna di Gedung DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021).

Dalam paripurna tersebut, diumumkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai pemenang Pilgub Sumbar 2020.

Ketua DPRD Sumbar Supardi menyampaikan dalam Pasal 160 A ayat (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dinyatakan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan paling lambat 14 hari kerja sejak diterimanya usulan.

Sehubungan dengan hal tersebut, kata Supardi, DPRD Provinsi Sumbar akan segera menyampaikan Usul Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020 kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) , untuk segera mendapatkan pengesahan pengangkatannya.

"Kita tentu berharap, pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat ini, akan dapat ditetapkan paling lama empat belas hari sejak usulan disampaikan," kata Supardi.

Selain itu, dalam rapat paripurna pengumuman dan penetapan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Supardi juga menyampaikan beberapa hal.

Kata dia, sesuai dengan ketentuan Pasal 162 ayat (1) Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016, Gubernur dan Wakil memegang jabatan selama 5 (lima) tahun.

Maka, sesuai dengan periodesasi dan pentahapan perencanaan pembangunan jangka panjang daerah, masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Dalam Pilkada Tahun 2020, merupakan periodesasi yang strategis dan sekaligus krisual oleh karena berada pada periodesasi terakhir dari RPJPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2005 - 2025.

Sebagai periodesasi terakhir dari RPJPD, maka akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat nantinya, tidak hanya mewujudkan pencapaian target RPJMD Tahun 2021-2025 yang merupakan perwujudan visi, misi dan prioritas dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Akan tetapi sekaligus juga untuk mewujudkan visi dan misi RPJPD Provinsi Sumatera Barat tahun 2005-2025, yaitu Menjadikan Provinsi Terkemuka Berbasiskan Sumber Daya Manusia yang Agamais.

"Dengan demikian, di akhir masa jabatan saudara, ada dua target dan sasaran yang akan diwujudkan secara bersamaan," terang Supardi.

Oleh sebab itu, lanjutnya, dalam penyusunan RPJMD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021-2025, harus betul-betul diselaraskan dengan visi, misi dan prioritas yang terdapat dalam RPJPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2005-2025.

Berhubung saat ini, kata Supardi, DPRD bersama Pemerintah Daerah sedang membahas Perubahan Perda tentang RPJPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2005-2025, maka ia berharap dalam Perubahan RPJPD tersebut dapat mengakomodir visi, misi dan prioritas dari RPJMD yang akan di susun Gubernur dan Wagub terpilih.

Atau sebaliknya visi, misi dan prioritas yang di sampaikan pada waktu kampanye yang akan menjadi dasar dalam penyusunan RPJMD, diselaraskan dengan Perubahan RPJPD yang sedang berjalan.

Disampaikan Supardi, tantangan dan permasalahan pembangunan daerah dalam 5 (lima) tahun ke depan, sangatlah berat.

Penanganan pandemik covid-19, pemulihan ekonomi daerah dan keterbatasan kemampuan daerah, merupakan 3 isu yang strategis.

"Untuk menyikapi tantangan tersebut, diperlukan kesungguhan dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Terpilih sebagai administrator dan sekaligus sebagai motor dan penggerak pembangunan daerah," tegas Supardi.

Di samping itu, menghadapi tantangan yang sangat berat tersebut, diperlukan kepemimpinan daerah yang kuat dan memiliki visi yang jelas, untuk membawa daerah keluar dari permasalahan yang terjadi.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Padang
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved