Yandex

Terkini Metropolitan

Dalam Sepekan, 4 Bocah Tenggelam, 2 Meninggal di Pondok Aren, Kapolsek Angkat Bicara

Selasa, 23 Februari 2021 10:57 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUN-VIDEO.COM, PONDOK AREN - Dalam sepekan terakhir, empat bocah tenggelam di dua lokasi yang berbeda di Kecamatan Pondok Aren, dua di antaranya meninggal dunia.

Peristiwa pertama terjadi di Tandon Jurangmangu Barat, pada Kamis (18/2/2021).

Abdillah Alfarizqy usia 3 tahun dan M. Rafka Azka usia 4 tahun, tenggelam di tandon yang lokasinya bersebelahan persis dengan Kantor Kelurahan Jurangmangu Barat itu.

Abdillah meninggal dunia di hari yang sama. Sedangkan Rafka selamat setelah mendapat penanganan medis di Rumah Sakit Pesanggrahan.

Sementara, kejadian tenggelam juga terjadi di Kali dekat Perumahan Riverpark, Bintaro Sektor 8, Pondok Aren, pada Minggu (21/2/2021).

Enam bocah hendak bermain di kali itu. Namun karena arus yang sedang deras, dua bocah tenggelam.

Satu bocah berhasil diselamatkan pengemudi ojek yang sedang mangkal di lokasi, sementara satu bocah lain, Farhan (9) hanyut terbawa arus.

Setelah 24 jam, Farhan ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan tak bernyawa di Kali Perumahan Japos, kawasan Ciledug, Kota Tangerang, pada Senin (22/1/2021).

Kapolsek Pondok Aren, Kompol Riza Sativa angkat bicara terkait dua insiden yang mengakibatkan korban jiwa itu.

Baca: Video Detik-detik 2 Taruna Selamatkan Pengunjung Tenggelam di Laut, Terjun ke Air Meski Ombak Tinggi

Riza mengatakan, di tengah cuaca ekstrem yang sedang melanda Tangsel, kondisi air di tandon dan aliran kali di Pondok Aren tengah tinggi.

Bahkan untuk arus di kali terhitung deras dan sangat rawan jika menjadi tempat bermain anak-anak.

"Seperti Riverpark kemarin memang pada saat hari Sabtu kita sempat cek ke patroli ke sana itu tinggi dan cukup deras arusnya."

"Di beberapa tempat juga kita tahu cukup dalam ya. Dan untuk ukuran anak kecil yang belum sigap lah," kata Riza di rumah duka almarhum Farhan, Gang Haji Joan, Kelurahan Pondok Karya, Pondok Aren. 

Riza memerintahkan kepada anggotanya yang bertugas di wilayah, para Babhinkamtibmas untuk mengimbau kepada warga untuk benar-benar mengawasi anaknya.

Selain kali dan tandon, Riza juga menyoroti area banjir yang kerap menjadi tontonan bocah. 

"Yang pasti kami imbau langsung ya kepada tentunya kepada anggota, seluruh anggota Babhinkamtibmas, bahwasanya ini musim hujan, diimbau kepada masyarakat untuk antisipasi kalau ada genangan atau air yang tinggi."

"Anak-anak agar diawasi supaya tidak bermain sendiri ataupun bersama teman-temannya berenang, karena arus memang tidak bisa dipastikan," imbaunya. (*)

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved