Yandex

Rumah Kebanjiran, Ratusan Warga Rawa Buaya Cengkareng Mengungsi di Kolong Jembatan

Senin, 22 Februari 2021 16:41 WIB
Tribun Padang

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Desy Selviany

TRIBUN-VIDEO.COM - Banjir di sebagian wilayah Jakarta mulai surut, namun hal berbeda terjadi di RW 03, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, banjir justru baru dimulai.

Akibatnya ratusan warga mengungsi di kolong jembatan Minggu (21/2/2021).

Pantauan Wartakotalive.com putar balik Jalan Outer Ring Road disulap menjadi area parkir motor dan mobil warga yang rumahnya terendam banjir.

Di kolong jembatan outer ring road, terlihat warga tidur seadanya di atas tikar. Mereka berjejer di sepanjang kolong jembatan.

Salah satu pengungsi Ais (22) warga RT 12 RW03 Rawa Buaya mengatakan bahwa mereka mulai mengungsi sejak Sabtu (20/2/2021) malam.

Di rumah Ais, air sudah mulai masuk sejak Sabtu siang. Namun ketinggian air hanya 20 centimeter (cm) sehingga warga masih dapat bertahan di rumah.

Namun semakin sore air justru semakin naik. Air naik saat banjir di sebagian wilayah Jakarta sudah mulai surut.

"Padahal enggak hujan tapi air terus menerus naik hingga sepinggang," terang Ais.

Karena air yang datang semakin tinggi maka Ais memutuskan untuk mengungsi. Sudah semalaman ia tidur di Kolong Jembatan Outer Ring Road.

Sementara itu Ketua RT 12 Suminah mengatakan bahwa ada 99 warganya yang mengungsi akibat banjir.

Air mulai datang Sabtu (20/2/2021) pukul 23.00 WIB.

"Banjir sih dari siang. Tapi air masuk deras pukul 23.00 WIB dan itu tiba-tiba saja dari sebelumnya semata kaki jadi seperut," jelasnya.

Karena air yang datang semakin deras, maka Sabtu malam warga memutuskan mengungsi. Mereka mengungsi secara terpencar yakni ada di lantai 2 rumah tetangga dan kolong flyover Jalan Outer Ring Road.

Sejak semalam, warga belum mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah. Sehingga mereka hanya mengungsi dengan alas seadanya yang dimiliki.

Bantuan makanan hingga minuman juga belum datang. Sehingga untuk makan dan minum warga masih mengambil dari kocek sendiri.

Suminah mengatakan bukan hanya RT 12 saja yang terendam banjir dan mengungsi. Wilayah RT lain di RW03 seperti RT7, RT6,dan RT5 juga terendam banjir.

Pihak kader Kelurahan Rawa Buaya disebut sudah melaporkan kejadian banjir itu ke Kelurahan Rawa Buaya sejak Sabtu malam.

Namun sampai Minggu pagi warga masih belum mendapatkan bantuan banjir. Dapur darurat juga belum dibuat di wilayah itu.

Pantauan Wartakotalive.com banjir di RW03 Rawa Buaya masih terjadi sampai pukul 09.30 WIB.

Bahkan banjir yang terjadi cukup deras karena limpasan dari Kali Pesanggrahan.(m24)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul VIDEO Kebanjiran, Ratusan Warga Rawa Buaya Cengkareng Mengungsi di Kolong Jembatan

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Padang
Tags
   #banjir   #Cengkareng   #mengungsi   #kolong jembatan
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved