Yandex

Terkini Daerah

Banjir Menerjang Rumah Sakit, Pasien Covid-19 Malah Kabur saat Petugas Sibuk Evakuasi

Senin, 22 Februari 2021 11:20 WIB
Tribun Jabar

TRIBUN-VIDEO.COM - Seorang pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit Islam Karawang (RSIK) kabur saat banjir menggenangi rumah sakit tersebut, Sabtu (20/2).

Pasien tersebut kabur saat para petugas sibuk melakukan evakuasi. Hingga Minggu (21/2), keberadaannya belum diketahui.

Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Rumah Sakit Islam Karawang, Tedy Syafiudin, mengatakan banjir mulai menggenangi seluruh ruangan rumah sakit di Jalan Pangkal Perjuangan, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat, itu sekitar pukul 14.00.

Saat itu, di rumah sakit terdapat 50-an pasien yang tengah menjalani rawat inap, termasuk di antaranya sejumlah pasien yang tengah menjalani isolasi karena terindikasi Covid-19.

Tedy mengaku tak mengetahui pasti kapan dan bagaimana pasien tersebut kabur dari rumah sakit. "Namun, begitu mengetahui hal itu, kami langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Karawang untuk penelusuran," ujar Tedy saat ditemui di RSIK, kemarin.

Tedy mengatakan, sebagian besar pasien mereka evakuasi ke dua rumah sakit, yakni ke RS Hermina dan RS Lira Medika. Kedua rumah sakit itu mereka pilih karena memiliki ruang khusus untuk perawatan pasien yang terindikasi Covid-19.

Baca: Rumah Sakit Kebanjiran, Pasien Covid-19 Kabur saat Petugas Sibuk Evakuasi, Kini Masih Dicari

"Oleh karena itu pasien-pasien kami rujuk ke sana," ujarnya.

Namun, selain dirujuk ke kedua rumah sakit tersebut, kata Tedy, beberapa pasien mereka izinkan pulang saat keluarganya datang menjemput. Akan tetapi, berapa jumlah pasien yang dirujuk dan dibawa pulang, Tedy mengaku tak hapal.

"Termasuk pasien yang terpapar Covid, saya juga tidak terlalu apal berapanya," katanya.

Menurut Tedy, RSIK menyiapkan 35 bed untuk perawatan pasien yang terindikasi terpapar Covid-19. "Saya enggak hapal berapa pasien (terindikasi Covid) yang dirawat," ulangnya.

Tedy mengatakan, saat banjir terjadi, ketinggian genangan air di ruang perawatan mencapai dada orang dewasa.

"Air masuk dari saluran IPAL. Dari situ kemudian membanjiri seluruh ruangan," ujarnya.

Menurut Tedy, ini adalah kali kedua RSIK kebanjiran.

"Pertama kali terjadi di tahun 2010 lalu. Tetapi enggak sebesar ini," ujarnya.

Sejumlah peralatan di rumah sakit sempat ikut terendam. Namun sebagian besar berhasil dievakuasi sebelum terendam. (tribunjabar.id/Cikwan Suwandi)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Rumah Sakit Kebanjiran, Pasien Covid-19 Kabur Saat Petugas Sibuk Evakuasi, Masih Terus Dicari

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: Tribun Jabar
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved