Yandex

Terkini Daerah

Dinas Kesehatan Kota Bogor Selesaikan 9.150 Vaksinasi Covid-19 yang Dialokasikan Provinsi Jawa Barat

Minggu, 21 Februari 2021 08:20 WIB
Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUN-VIDEO.COM - Sejak pagi para tenaga kesehatan dan tenaga penunjang pelayanan kesehatan mulai berdatangan ke Kantor Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk menjalani vaksinasi Covid-19, Sabtu (20/2/2021).

Pelaksanaan vaksinasi masal tahap tiga ini merupakan vaksinasi terakhir dari total 9150 vaksin yang dialokasikan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

"Hari ini vaksinasi massal ketiga untuk sasaran tenaga kesehatan untuk menghabiskan vaksin yang sudah didrop dari provinsi 9.150 kita habiskan hari ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr Erna Nuraena saat ditemui di lokasi pelaksanaan vaksin.

Baca: Nekat Menyamar Jadi Nenek-Nenek Demi Dapat Suntikan Vaksin Covid-19, Dua Wanita Ini Ditangkap

Erna mengatakan pada vaksinasi tahap tiga ini ada 600 tenaga kesehatan dan tenaga penunjang layanan kesehatan yabg menjalani vaksinasi.

Jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah dosis vaksin yang tersisa sebanyak 600.

"Jadi harus yang sudah mendaftar karena memang vaksinya yang tersedianya tinggal 600."

"Iya jadi kita membuka bitly pendaftaran kita buka untuk para nakes mendaftar secara online kemudian kita berikan informasikan hari ini secara online," katanya.

Pada pelaksanaan vaksinasi hari ini kata Erna juga dilakukan kepada tenaga kesehatan yang sebelumnya tidak bisa divaksin lantaran masih memiliki comorbid yang belum stabil, masih menyusui, dan lansia serta penyintas.

Namun setelah keluar aturan baru dari Kementerian Kesehatan untuk para nakes yang comorbitnya sudah stabil, nakes yang sudah sembuh dari Covid-19 selama tiga bulan, nakes yang menyusui dan nakes lansia boleh divaksin para nakes tersebut menjalani vaksinasi hari ini.

"Jadi vaksinasi hari ini adalah vaksinasi massal ketiga yang dilakukan oleh dinas kesehatan kota bogor untuk menyelesaikan seluruh sasaran vaksinasi nakes ya, jadi ada sekitar 600 dsais vaksin yang masih tersisa kita habiskan hari ini dengan sasaran lansia nakes kemudian beberapa nakes yang ada comorbid."

"Sehingga ditunda sampai komorbitnya stabil kemudian ada beberapa penyintas nakes yang pernah terinfeksi covid lebih dari tiga bulan sudah bisa dilakukan vaksin kemudian ada nakes yang menyusui yang waktu itu masih ditunda sekarang sudah diizninkan," ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Sebelum memasuki area setiap calon peserta harus mencuci tangan, mengukur suhu tubuh selanjutnya memasuki meja registrasi kemudian melakukan pendaftaran.

Setelah dilakukan pendaftaran peserta vaksinasi akan menuju meja dua untuk melakukan screening oleh para dokter.

Setelah screening selesai dilakukan dan peserta dinyatakan bisa divaksin kemudian langsung menuju meja tiga tempat penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac.

"Setelah itu kemudian meja empat untk observasi selama 30 menit setelah penyuntikan dan jika tidam ada efeksamping atau tidak ada masalah peserta diperbolehkan untuk kembali melanjutkan aktivitasnya," katanya.

Dilokasi yang sama Kepala Sie. Informasi Kesehatan dan Humas pada Dinas Kesehatan Kota Bogor Erny Yuniarti mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal ini merupakan yang ketiga kalinya.

"Jadi kita sudah melaksanakan tiga kali, pertama yang berhasil disuntik sebanyak 668 nakes di Bogor Senior Hospital, kemudian yang kedua dilakukan di 21 RS dan 25 puskesmas dilaksanakan Sabtu minggu lalu, dan hari ini yang terakhir dengan sisa 600, kita vaksin untuk 600 nakes," ujarnya.

Kriteria yang dilakukan vaksinasi hari ini diantaranya adalah nakes yang sempat tertunda pada penyuntikan vaksin awal, kemudian penambahan kriteria baru untuk nakes sesuai instruksi Kementarian Kesehatan. (*)

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Sekar Manik Pranita
Sumber: Tribunnews Bogor
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved