Yandex

Terkini Nasional

Presiden Resmikan Bendungan Tapin di Kalsel, Memiliki Kapasitas 56,7 Juta Meter Kubik Air

Kamis, 18 Februari 2021 21:22 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUN-VIDEO. COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis, (18/2/2021). Presiden tiba di kawasan bendungan sekitar pukul 10.46 WIB.

Setelah memberikan sambutan, Presiden menekan sirine dan menandatangani prasasti tanda diresmikannya bendungan.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim hari ini saya resmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan," kata Presiden.

Presiden mengatakan bahwa bendungan tersebut dibangun 5 tahun lalu atau tepatnya 2015. Bendungan menghabiskan anggaran hampir Rp1 triliun.

"Bendungan ini menghabiskan anggaran Rp986 miliar rupiah, hampir Rp1 triliun, dan bendungan tapin ini memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air," kata Presiden.

Baca: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan yang Gelontorkan Dana Rp916 Miliar

Bendungan juga, kata Presiden memiliki peran yang sangat penting sekali untuk wilayah sekitar.

Banjir dapat memperkuat ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi untuk 5.472 hektar. Selain itu bendungan juga dapat menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik, dan juga menghasilkan tenaga listrik 3,3 megawatt.

"Tadi Pak Gubernur (Safrizal) juga menyampaikan bahwa karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di di Kabupaten Tapin bisa dikurangi, sangat drastis sekali, hanya kecil sekali, daerah yang terkena banjir. karena kabupaten Tapin memiliki bendungan ini," kata Presiden.

Bendungan Tapin dibangun dengan tipe Timbunan Batu Zonal Inti Tegak dan memiliki kapasitas tampung 70,52 m3. Dengan selesainya pembangunan bendungan ini akan berpotensi memberikan layanan irigasi di Kabupaten Tapin sebesar 5.472 hektar.

Bendungan Tapin dilengkapi dengan akses jalan masuk sepanjang 21 Km dengan lebar 7 meter, kantor pengelola, rumah dinas, tempat ibadah, toilet, gardu pandang, dan rumah genset. Untuk bendungan utama memiliki tinggi 70 meter dengan konstruksi terowongan pengelak sepanjang 430 meter, cofferdam setinggi 29 meter serta spillway (pelimpahan) sepanjang 234 meter dan lebar 10-19 meter.(*)

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Taufik Ismail
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved