Yandex

Travel

Gerakan Jateng di Rumah Saja, Ganjar Pranowo Ajak Pengelola Tempat Wisata Tutup pada 6-7 Februari

Kamis, 4 Februari 2021 15:51 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh pengelola tempat wisata termasuk restoran, mal, dan jalur-jalur pendakian gunung di Jawa Tengah (Jateng) tutup pada 6-7 Februari 2021.

“Prinsipnya karena kita mau menghormati medis dan kondisi Covid-19 yang terus meningkat, kita meminta untuk semuanya yuk di rumah saja,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Dia melanjutkan bahwa melalui partisipasi pengelola tempat wisata dalam melakukan penutupan selama gerakan Jateng di Rumah Saja, mereka sudah berkontribusi terhadap kemanusiaan, tenaga kesehatan, dan rumah sakit.

“Restoran dan mal kita minta semua untuk partisipasi, meski saya sudah paham pasti ada yang nekat. (Jalur-jalur pendakian gunung) sebakinya sama, toh mendaki nanti juga akhirnya akan berkerumun, berkumpul,” ujar Ganjar.

Baca: Reaksi Gerakan Jateng di Rumah Saja, Ahli: Siapkan Solusi Bagi Warga Terdampak Seperti Bansos

Adapun, Jateng di Rumah Saja merupakan gerakan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jateng untuk menutup seluruh tempat keramaian selama dua hari.

Gerakan yang sebentar lagi dilaksanakan pun tertera dalam Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng Nomo 443.5/000/933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan Pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Jateng.

Tempat wisata yang ikut arahan Gubernur Jateng

Terkait gerakan Jateng di Rumah Saja, berdasarkan pantauan Kompas.com, Kamis (4/2/2021), Gunung Andong melalui akun Instagram @gunungandong mengumumkan bahwa seluruh jalur pendakian akan ditutup.

Selain itu, pendakian Gunung Slamet via Bambangan dan Guci juga ditutup hingga Jateng di Rumah Saja selesai. Pendakian Gunung Telomoyo via Arsal juga ditutup sementara.

Baca: Ketika Walkot FX Rudy Berubah Pikiran: Solo Akhirnya Jalankan Instruksi Ganjar, 2 Hari di Rumah Saja

Tempat wisata lain yang turut mendukung gerakan tersebut dan tutup selama dua hari adalah Dusun Semilir, Saloka Theme Park, Museum Lawang Sewu, dan Museum KA Ambarawa.

“Penutupan itu kami minta ke pengelola untuk lakukan pembersihan dan penyemprotan agar tempat wisata bisa kita jaga dengan baik,” ucap Ganjar.

Mengutip Kompas.com, Selasa (2/2/2021), gerakan Jateng di Rumah Saja merupakan respons terhadap pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut bahwa pelaksanaan PPKM gagal.

Menurut Ganjar dalam pemberitaan tersebut, apa yang disampaikan Jokowi artinya semua yang di daerah harus mencari cara ekstra untuk menekan pertumbuhan kasus Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Seluruh Tempat Wisata Jawa Tengah Tutup Selama Jateng di Rumah Saja

(Kompas.com/Nabilla Ramadhian)

Editor: Purwariyantoro
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved