Yandex

Travel

Meski Gunung Merapi Berstatus Siaga, Wisata Grojogan Watu Purbo Tetap Buka

Rabu, 3 Februari 2021 13:57 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Tempat wisata Grojogan Watu Purbo masih bisa dikunjungi oleh wisatawan, meski Gunung Merapi semburkan awan panas, Minggu (31/1/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pokdarwis Grojogan Watu Purbo, Maryono, kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

“Watu Purbo tetap buka. Lokasi wisata masih dalam jarak aman, 17 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi,” ujarnya.

Untuk diketahui, hanya pelaku wisata yang berjarak 5 km dari puncak Gunung Merapi saja yang direkomendasikan untuk tidak melakukan kegiatan selama status gunung tersebut masih siaga atau Level III.

Maryono melanjutkan bahwa meski pihaknya tidak menutup tempat wisata, mereka tetap waspada akan aktivitas gunung tersebut.

Salah satunya adalah dilakukannya pemantauan lewat radio handy talky dan sarana komunikasi lainnya guna mengetahui informasi terbaru.

Sementara untuk langkah mitigasi bencana, Grojogan Watu Purbo telah menyiapkan alur jalur evakuasi dari tempat wisata ke titik kumpul. “Gedung Serbaguna Bangunrejo sebagai titik kumpul,” kata Maryono

Jika ingin berkunjung, Grojogan Watu Purbo berlokasi di Bangunrejo, Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.

Meski tidak dikenakan biaya masuk, pengunjung tetap membayar parkir kendaraan.

Gunung Merapi masih berstatus siaga
Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Minggu, terjadi satu kali awan panas guguran di Gunung Merapi pukul 12.00-18.00 WIB.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan pukul 12.00-18.00 WIB, Minggu.

Berdasarkan data yang diperoleh, awan panas guguran tercatat disesimogram dengan amplitudo 25 mm dengan durasi awan panas guguran 61,24 detik.

“Estimasi jarak luncur 600 meter ke arah barat daya, hulu Kali Krasak dan Kali Boyong,” ujar dia.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih sama dengan status yang diberikan pada November 2020 yaitu Level III atau siaga.

Hanik mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya, serta waspada akan bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.(Kompas.com/Nabilla Ramadhian)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Grojogan Watu Purbo Tetap Buka Meski Gunung Merapi Berstatus Siaga

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved