Yandex

Travel

The Lost World Castle Tetap Buka Meski MerapiSemburkan Awan Panas

Rabu, 3 Februari 2021 09:57 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - The Lost World Castle tetap buka meski Gunung Merapi menyemburkan awan panas pada Minggu (31/1/2021). Hal tersebut disampaikan Salah seorang pengelola bernama Kotel pada Minggu (31/1/2021).

“Masih buka, masih radius aman sementara ini. Sementara luncuran material kan ke arah barat daya,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Untuk diketahui, The Lost World Castle berlokasi 7 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi, sehingga masih berada pada jarak aman.

Adapun, pelaku wisata yang berlokasi dalam radius 5 km dari puncak Gunung Merapi direkomendasikan untuk tidak melakukan kegiatan karena wilayahnya berpotensi bahaya.

Wisatawan yang hendak berkunjung tidak perlu khawatir. Sebab, lanjut Kotel, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah mitigasi bencana.

Dia mengatakan bahwa para karyawan di sana merupakan bagian dari relawan Merapi, sehingga sudah paham jika gunung menunjukkan tanda-tanda menuju ke status yang lebih awas.

“Kita tahu bagaimana bahayanya, kita juga koordinasi dengan pemerintah setempat,” ujar Kotel.

Jika situasi sudah darurat, The Lost World Castle akan memberikan informasi kepada para pengunjung melalui pengeras suara.

Gunung Merapi semburkan awan panas

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Minggu, terjadi satu kali awan panas guguran di Gunung Merapi pukul 12.00-18.00 WIB.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam laporan aktivitas Gunung Merapi periode pengamatan pukul 12.00-18.00 WIB, Minggu.

Berdasarkan data yang diperoleh, awan panas guguran tercatat disesimogram dengan amplitudo 25 mm dengan durasi awan panas guguran 61,24 detik.

“Estimasi jarak luncur 600 meter ke arah barat daya, hulu Kali Krasak dan Kali Boyong,” ujarnya.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih sama dengan status yang diberikan pada November 2020 yaitu Level III atau siaga.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul The Lost World Castle Tetap Buka Meski Merapi Semburkan Awan Panas

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved