Yandex

Travel

5 Tips Mendaki Gunung Lawu saat Musim Hujan, Lewat Cemoro Sewu

Rabu, 3 Februari 2021 07:49 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Gunung Lawu merupakan salah satu dari sejumlah gunung di Indonesia yang digandrungi oleh para pendaki untuk dikunjungi. Apabila ingin mendaki saat musim hujan, terdapat sejumlah tips dari Anggota Anak Gunung Lawu Budi Santoso terkait hal tersebut.

“Kalau musim hujan begini, jalur yang ramai dipakai Cemoro Sewu karena estimasi waktu yang singkat, jarak dekat, dan jalurnya bebatuan jadi tidak banyak lumpur,” katanya kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tips mendaki Gunung Lawu saat musim hujan yang telah Kompas.com rangkum, Selasa (2/2/2021):

1. Persiapkan fisik sebelum mendaki

Bagi para pendaki, Budi mengatakan bahwa olahraga sebelum mendaki adalah kegiatan yang kerap dilakukan oleh mereka.

“Kalau olahraga, siapa pun yang mau berkegiatan di alam bebas seperti mendaki sudah persiapkan fisik. Mungkin beberapa hari sebelumnya sudah jogging atau olahraga lain,” ujarnya.

2. Cek peralatan

Dalam kegiatan mendaki saat musim hujan, pemeriksaan dan persiapan ekstra terkait peralatan harus dilakukan agar pendakian tetap aman.

Baca: DESTINATION UPDATE: Mengunjungi The Lawu Park di Tawangmangu, Ada Penginapan Mirip Rumah Hobbit

3. Bawa hujan dan pakai sepatu untuk mendaki

Menurut Budi, jas hujan adalah barang yang sangat vital dan wajib dibawa jika ingin mendaki saat musim hujan.

“Terus sepatu. Karena hujan, jalur sangat licin jadi harus pakai yang pas. Sepatu trekking,” katanya.

Lalu, pakaian cadangan dan sleeping bag juga dibalut dengan plastik sebagai antisipasi agar tetap kering dan hangat jika tas basah karena hujan.

4. Jas hujan taruh di area yang mudah diakses

Meski beberapa tips mengatakan bahwa pendaki disarankan untuk langsung memakai jas hujan ketika mendaki saat musim hujan, menurut Budi hal tersebut tidak perlu.

Sebab, jika hujan belum turun namun pendaki sudah mengenakan jas hujan, hal tersebut akan membuat gerah para pendaki.

“Enggak perlu langsung dipakai, tapi taruh di bagian tas yang mudah diambil. Kalau hujan turus, pendaki bisa cepat ambil jas hujannya,” tutur Budi.

5. Pakai jalur Cemoro Sewu Gunung

Lawu memiliki sejumlah jalur pendakian yang dapat ditempuh. Beberapa di antaranya adalah Cemoro Kandang, Candi Cetho, Cemoro Sewu, Singolangu, Jogorogo, Anggrasmanis, dan Tambak.

Walau pendakian bisa melewati semua jalur, jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu lebih diminati untuk ditempuh saat musim hujan karena estimasi waktu, jarak, dan medan yang ditempuh.

Terkait keamanan jalur yang hendak ditempuh, Budi mengatakan bahwa hal tersebut tergantung pada seberapa siap fisik dan peralatan para pendaki.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 6 Tips Mendaki Gunung Lawu saat Musim Hujan, Lewat Cemoro Sewu

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
Tags
   #Gunung Lawu   #Musim Hujan   #Cemoro Sewu
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved