Yandex

Travel

Tips Berkunjung ke Wana Wisata Sumber Biru Jombang, Tawarkan Pengalaman Makan di Tengah Sungai

Senin, 1 Februari 2021 15:17 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Wana Wisata Sumber Biru di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menawarkan pengalaman makan di tengah sungai yang diapit oleh rimbunan pepohonan.

Sekretaris Wana Wisata Sumber Biru Yuli Adi Atmiko, akrab disapa Miko, memiliki beberapa tips yang dapat diikuti calon pengunjung agar kegiatan wisata terasa nyaman.

“Yang pasti tipsnya pakai sandal jepit,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/1/2021).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut lima tips liburan ke Wana Wisata Sumber Biru yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (31/1/2021):

1. Pakai sandal jepit

Kegiatan utama di tempat wisata tersebut adalah makan di tengah sungai.

Agar kaki terasa nyaman, ada baiknya kamu berkunjung menggunakan sandal jepit.

“Kalau pakai sepatu, tidak ada tempat penyimpanan sepatu. Pengunjung biasanya lepas sepatu lalu ditaruh di pinggir sungai,” ujar Miko.

2. Jaga perilaku dan omongan

Sebagai tempat wisata dan kuliner yang berada di lingkungan yang masih asri dan berada di perdesaan, Miko mengimbau agar wisatawan menjaga perilaku dan omongan mereka.

"Yang pertama menjunjung tinggi adat istiadat karena di sungai. Orang dulu kan sedikit-sedikit (ada) berbau mistis, jadi (sekaran) tetap dijaga sopan santunnya,” ujar dia.

3. Jangan buang sampah sembarangan

Dahulu, sungai yang menjadi area tempat makan Instagramable tersebut merupakan tempat pembuangan sampah warga setempat.

Lambat laun, sejumlah pemuda tergerak untuk membersihkan sungai agar terlihat bersih dan bebas dari sampah.

Agar upaya yang telah dilakukan tidak sia-sia, seluruh wisatawan yang liburan di Wana Wisata Sumber Biru dilarang membuang sampah sembarangan.

“Yang pasti karena kita tetap menjaga alam, buang sampah jangan sembarangan. Di setiap titik selalu ada tempat sampah, selalu diusahakan,” ucap Miko.

Tidak hanya itu, petugas tempat wisata pun kerap berkeliling untuk memastikan bahwa pengunjung menaati aturan tersebut.

4. Pakai baju tebal atau bawa jaket

Apabila berkunjung pada musim hujan, Miko menyarankan agar wisatawan menggunakan pakaian yang tebal atau membawa jaket.

“Kalau musim hujan, suhu hampir 15-17 derajat dan berkabut. Kita rekomendasikan bawa jaket atau pakai baju tebal. Pakaiannya bebas yang penting tetap sopan,” tuturnya.

5. Bawa payung atau jas hujan

Meski pihak tempat wisata menyediakan payung untuk digunakan wisatawan saat hujan tiba-tiba turun, pengunjung tetap disarankan untuk membawa payung.

Apabila tidak memiliki payung, kamu bisa membawa jas hujan agar kegiatan wisata di sana tetap nyaman dan kamu bisa berkeliling tanpa harus menunggu hujan reda dan merasa ribet karena harus membawa payung.

Wana Wisata Sumber Biru berlokasi di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Liburan ke Wana Wisata Sumber Biru Jombang, Pakai Sandal Jepit"

Editor: Dita Dwi Puspitasari
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved