Yandex

Travel

Panduan Naik KRL Jogja-Solo Sebelum Berangkat ke Stasiun, selama Uji Coba Mulai 1 Februari 2021

Senin, 1 Februari 2021 10:32 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Masyarakat sudah bisa menjajal KRL Solo-Yogyakarta yang akan beroperasi pada Senin (1/2/2021) hingga 7 Februari 2021 dengan tarif Rp 1.

Adapun, rangkaian kereta rel listrik tersebut merupakan yang pertama yang berada di luar wilayah Jabodetabek.

Apabila tertarik untuk jalan-jalan pakai KRL Solo-Jogja selama masa uji coba, berikut Kompas.com rangkum panduan naik KRL Jogja-Solo, Minggu (31/1/2021):

Sebelum berangkat ke stasiun

Calon penumpang dapat memeriksa info kepadatan stasiun, jadwal kereta, posisi kereta, serta tarif melalui aplikasi KRL Access sebelum berangkat ke stasiun.

Untuk menggunakan KRL Access, jika belum memiliki akun, buat dan aktifkan akun terlebih dahulu sesuai panduan yang tertera dalam aplikasi.

Jika akun sudah aktif, klik menu “Ambil Antrean”. Jika kuota uji coba KRL Solo-Jogja masih tersedia, kamu bisa memilih stasiun keberangkatan dan jadwal KRL uji coba.

Setiap akun KRL Access hanya dapat memiliki dua antrean berstatus aktif. Satu antrean hanya berlaku untuk satu perjalanan, tidak pergi-pulang.

Pastikan calon penumpang memiliki Kartu Multi Trip (KMT) yang terisi saldo, Commuterpay, uang elektronik bank, atau aplikasi yang memiliki fasilitas pemindaian kode QR.

Jika ragu apakah KMT masih aktif atau memiliki saldo yang cukup, pemeriksaan dapat dilakukan di mesin pembaca saldo di stasiun KRL.

Bagi pengguna Android, pemeriksaan KMT dapat dilakukan melalui fitur NFC dalam aplikasi KRL Access.

Jika saldo kurang, pembelian bisa dilakukan di mesin isi ulang KMT di stasiun KRL. Uang yang digunakan jangan terlipat.

Apabila tidak memiliki metode pembayaran yang telah disebutkan, calon penumpang bisa membeli KMT di seluruh loket stasiun dengan harga Rp 30.000 berisi saldo Rp 10.000.

Sebelum berangkat, sangat disarankan calon penumpang memakai face shield, pakaian lengan panjang, serta membawa alat ibadah pribadi, hand sanitizer pribadi, dan tisu basah maupun tisu kering.

Barang bawaan yang hendak diangkut ke KRL Solo-Yogyakarta tidak boleh yang ukurannya menggangu jaga jarak aman antar pengguna, mudah terbakar, atau yang berbau menyengat.(Kompas.com/Nabilla Ramadhian)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Panduan Cara Naik KRL Solo-Yogyakarta yang Beroperasi 1 Februari 2021

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved