Yandex

Terkini Nasional

Citilink Siapkan Tiga Baris Kursi untuk Penumpang Bergejala Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 11:14 WIB
Tribun Timur

Laporan Wartawan Tribun Timur, Umhaconcit

TRIBUN-VIDEO.COM - Maskapai penerbangan Citilink berkomitmen untuk mendukung penuh serta mematuhi ketentuan perjalanan menggunakan transportasi udara.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan RI Nomor 3 Tahun 2021, tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19).

Ketentuan ini berlaku mulai tanggal 9 hingga 25 Januari 2021.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara, Citilink mengimbau untuk selalu memperhatikan ketentuan dokumen perjalanan yang dibutuhkan," kata Direktur Utama Citilink Juliandra di Cengkareng baru-baru ini.

Ia menegaskan, setiap daerah yang akan dituju, penumpang harus tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Harus terapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selama berada di area bandara maupun ketika berada di pesawat," tegasnya.

Bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan menuju Bali, diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam.

"Pastikan menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan," ujarnya.

Adapun bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan selain menuju Bali, penumpang wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam.

Baca: Citilink Buka Rute Baru, Padang-Balikpapan-Manado dan Padang-Medan, Ini Jadwal Terbangnya

"Untuk hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan," ucapnya.

Selain itu, penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

"Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan yang kurang dari dua jam," ucapnya.

Terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan.

Juliandra menambahkan, Citilink telah menyediakan tiga baris kursi paling belakang yang akan dipergunakan sebagai area karantina bagi penumpang yang terindikasi bergejala COVID-19 selama penerbangan.

"Hal ini merupakan tindak lanjut Citilink sebagaimana ketentuan yang telah tercantum dalam SE KEMENHUB NO 3/2021," tuturnya.

Kementerian Perhubungan baru-baru ini menerbitkan Surat Edaran (SE) No 3 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara di tengah pandemi Covid-19.

SE yang berlaku sejak 9 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021 tersebut memperbolehkan maskapai penerbangan mengisi kapasitas penumpang lebih dari 70 persen.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebutkan, diperbolehkannya maskapai penerbangan mengangkut penumpang dengan kapasitas lebih dari 70 persen bukan berarti boleh mengangkut penumpang 100 persen.

"Dalam aturan baru ini, maskapai juga masih diwajibkan untuk menyediakan tiga baris kursi yang dikosongkan untuk area karantina," ujar Adita dalam keterangannya, Kamis (14/1/2021).

Ia juga mengatakan, area karantina ini diperuntukan untuk penumpang pesawat yang menunjukan gejala batuk, pilek ataupun demam saat melakukan perjalanan.

Tentunya ini bukan berarti maskapai boleh mengangkut 100 persen kapasitas penumpang, tetapi mereka dapat menentukan sendiri kapasitas yang ingin diangkut," ucap Adita.

Meski ada pelonggaran terkait kapasitas angkut penumpang ini, lanjut Adita, tentunya harus tetap mempertimbangkan syarat kesehatan penumpang yang sudah diperketat.

Aturan pengetatan penumpang pesawat sendiri, seperti dilarang makan, berbicara dan melepas masker saat penerbangan berlangsung," kata Adita.

Menurutnya, bila mengacu pada Asosiasi Angkutan Udara Internasional atau IATA memang tidak diwajibkan melakukan physical distancing di dalam pesawat. Tetapi dengan catatan menggunakan masker dan maskapai melakukan sterilisasi kabin dan pesawat. (*)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Citilink Siapkan Tiga Baris Kursi Bagi Penumpang Bergejala Covid, https://makassar.tribunnews.com/2021/01/15/citilink-siapkan-tiga-baris-kursi-bagi-penumpang-bergejala-covid?page=all.

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Tribun Timur
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved