Yandex

Travel

Sejumlah Kapal Pesiar Batalkan Perjalanan di Tahun 2021, Apa Saja ?

Kamis, 21 Januari 2021 11:12 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung jadi alasan sejumlah kapal pesiar di dunia terus memperpanjang penundaan perjalanan mereka sepanjang 2021.

Seperti dilansir dari Business Insider, industri kapal pesiar sempat mengalami periode tenang setelah Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengumumkan dan memperpanjang perintah tanpa pelayaran beriringan dengan makin melonjaknya pandemi Covid-19 di tahun 2020.

Namun, setelah berbulan-bulan menunggu, pada Oktober 2020, CDC mengganti perintah penundaan pelayaran tersebut dengan Framework for Contional Sailing Order.

Framework tersebut berisikan daftar persyaratan ketat yang dibutuhkan kapal pesiar untuk bisa beroperasi kembali.

Terlepas dari framework yang telah dirilis tersebut, kembalinya industri kapal pesiar seperti sedia kala masih belum jelas. Hingga saat ini, tidak akan ada kapal pesiar asal Amerika Serikat yang beroperasi hingga Maret 2021.

Selain itu, makin banyak pula kapal pesiar yang terus menunda tanggal pelayaran mereka beriringan dengan pandemi Covid-19 yang terus meningkat. Berikut ini rangkuman informasi terbaru terkait tanggal penundaan beberapa kapal pesiar besar di dunia.

Norwegian Cruises

Norwegian Cruises masih menunda semua pelayaran mereka hingga paling cepat Maret 2021, berdasarkan kabar terbaru penundaan yang dirilis 29 Desember 2020 silam. Princess Cruises

Princess Cruises

Princess Cruises awalnya menunda semua perjalanan mereka hingga Maret 2021, berdasarkan pemberitahuan yang diunggah pada 20 November 2020.

Namun, pada 6 Januari 2021, mereka memperpanjang penundaan ini dengan mengumumkan penundaan hingga 14 Mei 2021.

Princess Cruises juga telah menunda semua pelayaran yang berlangsung hingga lebih dari tujuh hari dari dan ke pelabuhan di Amerika Serikat hingga 1 November 2021.

Mereka juga menunda pelayaran dari dan ke Jepang hingga tanggal 25 Juni 2021, menurut pemberitahuan pada November 2020.

“Kami terus mempersiapkan kapal-kapal kami untuk kembali beroperasi dan kami sangat bersemangat untuk kembali melihat tamu-tamu kami kembali ke kapal untuk membuat pengalaman musim panas,” kata Presiden Princess Cruise Jan Swarts dalam sebuah pernyataan.

Ketika mereka kembali berlayar, beberapa kapal—termasuk Diamond Princess dan Grand Princess—akan memiliki Princess’ MedallionClass Experience.

Pengalaman tersebut termasuk protokol kesehatan yang baru dan fitur tanpa kontak yang baru.

Carnival Cruises

Daftar lengkap pelayaran yang ditunda tersedia di situs resmi Canival Cruises.

Berdasarkan daftar tersebut, tidak ada pelayaran dari Carnival yang berangkat hingga 31 Maret 2021.

Misalnya, berdasarkan rilis 9 Desember 2020, Carnival telah mempersiapkan galangan untuk Carnival Magic, Carnival Paradise, dan Carnival Valor. Hal itu menghentikan keberangkatan setiap kapal hingga 24 September, 31 Mei, dan 11 September 2021.

“Kami sangat menyesal telah mengecewakan tamu-tamu kami. Seperti yang bisa dilihat dari aktivitas pemesanan kami, terlihat jelas ada peningkatan permintaan untuk pelayaran dengan Carnival,” kata Presiden Carnival Cruise Line Christine Duffy dalam pernyataan resmi.

Peresmian perjalanan Mardi Gras yang pertama juga telah ditunda sebagai dampak pandemi Covid-19 ini.

Royal Caribbean

Royal Caribbean awalnya menunda pelayaran mereka hingga 28 Februari 2021, berdasarkan pemberitahuan tanggal 17 Desember 2020.

Celebrity Cruises milik Royal Caribbean juga telah menunda pelayaran mereka hingga 30 April 2021, seperti tertera dalam pemberitahuan tanggal 12 Januari 2021. Beberapa pelayaran Celebrity Cruises bahkan telah ditunda jauh lebih lama, yakni hingga Oktober 2021.

Pada 13 Januari 2021, Silversea Cruises milik Royal Caribbean juga merilis tanggal pelayaran mereka yang baru.

Berdasarkan informasi ini, perjalanan tercepat yakni tanggal 1 April, sementara dua perjalanan telah ditunda hingga November 2021.

Celebrity Cruises

Celebrity Cruises telah menunda semua perjalanan mereka hingga 28 Februari 2021.

Disney Cruises

Berdasarkan peringatan perjalanan pada 11 Desember 2020, Disney Cruises telah menunda semua perjalanan mereka hingga 28 Februari 2021. Perjalanan yang berlangsung lebih lama dari tujuh malam bahkan telah ditunda lebih lama lagi. MSC Cru

MSC Cruises

MSC merilis daftar tanggal pembatalan per kapal pesiar. Perjalanan yang berlangsung dengan MSC Armonia contohnya, telah dibatalkan hingga 28 Februari 2021. Sementara MSC Divinia tidak akan berlayar hingga 27 Maret 2021.

P&O Cruises P&O dilaporkan telah menunda semua pelayaran mereka hingga April 2021.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejumlah Kapal Pesiar Batalkan Perjalanan Tahun 2021, Apa Saja?"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved