Yandex

Travel

Video Viral Muncul Angin Puting Beliung di Wonogiri, Berikut Penjelasan BMKG

Kamis, 21 Januari 2021 09:23 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang menyebut peristiwa puting beliung besar yang terjadi di atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri sebagai waterspout.

Biasanya waterspout terjadi di Indonesia di atas laut.

“ Waterspout itu angin puting beliung yang terjadi di atas lautan. Sama halnya bila terjadi di atas waduk,” ungkap Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kelas I Semarang, Iis W Harmoko yang dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon selulernya, Rabu (20/1/2021) malam.

Iis mengatakan sebelum puting beliung terjadi termonitor pertumbuhan awan culumonimbus (CB) yang sangat kuat di wilayah tersebut.

Biasanya pertumbuhan awan CB yang kuat akan berpotensi terjadi cuaca ekstrim berupa hujan es, angin puting beliung, hujan lebat hingga angin kencang.

Sebelum terjadi peristiwa tersebut, BMKG Jawa Tengah sudah memberikan peringatan dini akan terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa kabupaten salah satunya Wonogiri.

Di Kabupaten Wonogiri, BMKG memperkirakan kondisi terjadi di Kecamatan Selogiri, Kota Wonogiri, Ngadirojo, Waduk Gajah Mungkur, Sidoharjo, Nguntoronadi, Wuryantoro dan Manyaran.

Menurut Iis puting beliung kemungkinan akan terjadi karena kondisi lingkungan.

Apalagi faktor pembentukan awan CB yang sangat kuat di wilayah tersebut.

Sebelum angin puting beliung terjadi biasanya diawali dengan pembentukan awan CB yang cukup siginifikan dari pagi sampai siang hari.

Kemudian awan itu matang pada sore hari hingga mengakibatkan hujan yang lebat.

Iis menambahkan angin puting beliung biasanya terjadi tidak lama.

Angin puting beliung pun yang terjadi tidak akan sebesar tornado di Amerika Serikat.

Kendati demikian, warga tetap diminta waspada mengingat beberapa hari terakhir terjadi cuaca yang ekstrim.

Apalagi saat ini pergerakan matahari sudah menuju utara, maka kondisi daratan di Jawa Tengah kembali hangat lagi dibandingkan Desember.

Diberitakan sebelumnya, puting beliung besar yang terlihat berpusar di atas Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menggegerkan warga, Rabu (20/1/2021) sore.

Peristiwa puting beliung besar yang disebut warga sebagai celeret tahun itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Beberapa warga yang melihat peristiwa aneh itu spontan mengambil gambar dan video lalu diunggah di media sosial.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Wonogiri, Bambang Hariyadi membenarkan peristiwa angina puting beliung besar yang berpusar diatas Waduk Gajah Mungkur.

“Itu memang betul terjadi. Kejadian sekitar pukul 15.30 WIB. Durasi sekitar sepuluh hingga 15 menit,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon seluler, Rabu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjelasan BMKG soal Puting Beliung Besar di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved