Yandex

Travel

Uji Coba KRL Jogja-Solo Libatkan Masyarakat, Harga Tiket Cuma Rp1

Rabu, 20 Januari 2021 12:57 WIB
Tribun Jogja

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUN-VIDEO.COM - Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo direncanakan mulai diui coba hari ini, Rabu (20/1/2021).

KRL Jogja-Solo ini direncanakan bakal menjalani uji coba terbatas pada 20 Januari 2021 hingga 31 Januari 2021 mendatang.

Pada percobaan perdana yang dijadwalkan mulai Rabu (20/1/2021) besok tersebut, akan melibatkan instansi pemerintah, stakeholder, media, komunitas, dan pegiat media sosial.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Wiwik Widayanti, mengatakan percobaan terbatas itu dilakukan agar pengguna mengetahui lebih jauh tentang layanan KRL Jogja-Solo.

"Untuk tarif pada masa percobaan terbatas masih seharga Rp1. Nantinya, untuk naik KRL akan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Commuter pay, uang elektronik melalui bank, dan QR Code. Setelah itu akan dilakukan aktivisasi melalui fitur NFC untuk melihat ketersediaan saldo," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahap uji coba terbatas KRL Jogja-Solo juga akan melibatkan masyarakat yang direncanakan dilakukan pada 1 Februari 2021 mendatang dengan tarif yang sama yaitu Rp1.

Namun, setelah dibuka untuk umum atau sudah diresmikan, tarif KRL Jogja-Solo direncanakan akan sama dengan tarif KA Prameks Yogyakarta-Solo Balapan, yakni seharga Rp8000 per orang.

"Karena situasi masih pandemi, kami mewajibkan untuk penumpang agar tetap mengutamakan prokes. Pembatasan penumpang juga akan dilakukan dalam satu KRL hanya diperbolehkan sebanyak 74 orang saja. Rencananya ada 20 KRL yang akan beroperasi," ujarnya.


Terkait agenda peresmian KRL Jogja-Solo, pihaknya belum bisa memastikan waktu tepatnya bisa dibuka untuk masyarakat umum.

"Ya, kami lihat dulu perkembangannya. Kalau memang sudah tidak ada lagi kekurangan mungkin bisa segara diresmikan," urainya.

( tribunjogja.com )



Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul KRL Jogja-Solo Akan Mulai Diuji Coba Rabu Besok, Ini Daftar Stasiun yang Dilewati dan Tarif Tiketnya

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Danang Risdinato
Sumber: Tribun Jogja
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved