Yandex

INDONESIA UPDATE

12 Jam Terjebak Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Sulbar, 2 Sekuriti Berhasil Diselamatkan TNI

Senin, 18 Januari 2021 19:13 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Dua security Kantor Gubernur Sulawesi Barat, berhasil dievakuasi dari reruntuhan bangunan akibat gempa Sulbar, Jumat pekan lalu.

Keduanya terjebak dalam reruntuhan kantor gubernur Sulbar selama lebih kurang 12 jam.

Mereka berhasil diselamatkan oleh prajurit TNI AL dari tim Lanal Mamuju.

Hal ini disampaikan Komandan Pangkalan TNI AL Mamuju, Letkol Marinir La Ode Jimmy dalam rilisnya, Senin (18/1/2021) siang.

Dilansir Tribunnews.com, dua sekuriti itu bernama Rahman (25) dan Muh Isra (25).

"Korban gempa dua security kantor Gubernur Sulbar tersebut terjebak selama 12 jam pada ruang sempit akibat reruntuhan gempa, kemudian prajurit TNI AL dari tim Lanal Mamuju berhasil menyelamatkannya, kata Komandan Pangkalan TNI AL Mamuju, Letkol Marinir La Ode Jimmy dalam rilisnya, Senin (18/1/2021) siang.

Baca: Beredar Hoaks soal Gempa Besar Susulan di Mamuju, BMKG Beri Penjelasan: Tidak Perlu Panik

Sedangkan prajurit TNI AL Lanal Mamuju yang berhasil evakuasi kedua, yaitu Serda APM Rama, KLS Wahyu Apriyanto, KLD Rafindra dan KLS Septian Roleh.

Jimmy menjelaskan, proses evakuasi korban berlangsung dari pukul 09.15 Wita hingga pukul 13.45 Wita.

Ia juga mengatakan, evakuasi korban gempa bumi di Sulawesi Barat itu sesuai dengan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

"Agar jajaran TNI AL dapat mendukung kegiatan dukungan operasional terutama dalam misi kemanusiaan terhadap bencana alam yang sedang terjadi termasuk dalam kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," jelasnya.

Untuk diketahui, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan sebanyak 19.435 orang mengungsi pascagempa M6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1/2021), pukul 02.28 Wita.

Korban meninggal akibat gempa itu sebanyak 81 orang, yaitu 11 orang meninggal di Kabupaten Majene dan 70 orang di Kabupaten Mamuju.

Sebanyak total korban dengan luka berat mencapai 253 orang.

Sedangkan korban dengan luka ringan tercatat sebanyak 679 orang.

Guna mencegah potensi penularan COVID-19, Kepala BNPB Doni Monardo yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 itu juga memberikan dukungan berupa alat test cepat antigen untuk memeriksa dan menelusuri adanya penularan COVID-19 di lingkungan pengungsian. (Tribun-video.com/Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 12 Jam Terjebak Reruntuhan Kantor Gubernur Sulawesi Barat, 2 Sekuriti Akhirnya Berhasil Dievakuasi

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Dea Mita
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved