Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Persatuan Perawat Selidiki Dugaan Perawat Ambil dan Sebar Foto Syekh Ali Jaber di ICU

Selasa, 5 Januari 2021 20:09 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) turut menyelidiki kasus perawat yang diduga mengambil gambar pendakwah Syekh Ali Jaber yang tengah menjalani perawatan medis akibat Covid-19.

Baru-baru ini diketahui beredar foto Syekh Ali Jaber dengan mata terpejam dengan alat bantuan pernapasan sebelumnya sempat tersebar melalui media sosial.

Hal ini membuat pihak keluarga Syekh Ali Jaber marah.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah, mengatakan saat ini pihaknya menelusuri temuan tersebut, meski belum menerima laporan langsung.

"Sedang kita telusuri walapun tidak ada laporan, melalui berjenjang kita kan punya 6 ribu sekian komisariat," ujar Harif saat dihubungi wartawan, Selasa (5/1/2021).

Menurutnya, perawat memiliki tiga norma dalam bekerja. Norma tersebut yakni hukum, disiplin dan etika.

Harif menjelaskan, secara umum, kasus perawat mengambil gambar pasien tanpa izin akan berbuah sanksi baik dari organisasi profesi maupun rumah sakit jika terbukti menyalahi kode etik.

"Tinggal bagaimana perbuatannya ini harus diteliti apakah ada pelanggaran etika. Kita tidak bisa mengatakan sekarang, karena harus ada penilaian oleh majelis kehormatan etika keperawatan, karena di situ ada ruang, waktu dan peristiwa tersebut seperti apa," ungkap dia.

"Jadi itu jikalau memang ada pelanggaran etika maka perlu ada keweanngan organisasi profesi untuk melakukan pembinaan, pembinaan itu dalam bentuk ada juga pemberian sanksi," jelas Harif.

Dikutip dari Tribunnews.com, sebelumnya, Asisten Pribadi Syech Ali Jaber, Abu Aras pun angkat bicara perihal foto tersebut.

Menurut Abu, foto Syekh Ali Jaber yang tersebar di media sosial adalah sebuah pelanggaran etika atau privasi pasien.

"Terkait foto Syekh Ali Jaber beredar berantai, foto tersebut dari salah satu perawat yang melanggar etika atau privasi pasien dan keluarga. Sudah menegur pihak RS," kata Abi.

Terlepas dari hal itu Abu menuturkan, kondisi Syech Ali Jaber dalam keadaan baik.

"Alhamdulillah kondisi Syaikh Ali Jaber berangsur membaik sebagaimana keterangan resmi berkala yang diterima pihak keluarga dari dokter dan tim medis pihak RS," ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Persatuan Perawat Telusuri Dugaan Perawat Sebar Foto Syekh Ali Jaber saat di Rumah Sakit

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: arvent
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved