Yandex

Terkini Daerah

Tanaman Hias Kembali Digandrungi, Paling Banyak Dicari Ibu-ibu yang Murah dan Bagus

Selasa, 15 Desember 2020 08:02 WIB
Tribunnews Bogor

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUN-VIDEO.COM - Belakangan ini, berbagai jenis tanaman mulai banyak diburu oleh masyarakat luas.

Mulai dari jenis tanaman hias hingga tanaman untuk proyek.

Di Depok, terdapat salah satu tempat yang menjual berbagai jenis tanaman secara lengkap yang berlokasi di Jalan Pengasinan, RT 01 RW 02 Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan, Kota Depok bernama Erwin Flora.

Pemilik bisnis tanaman hias, Sultan Rivaldi mengatakan bahwa setiap hari masyarakat banyak yang mencari berbagai jenis tanaman.

"Kami itu mulai merintis bisnis tanaman hias itu sejak tahun 2013, pangkalan ini berdiri dan alhamdulillah berjalan ramai dan lancar. Antusias masyarakat sangat bagus," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Senin (14/12/2020).

Baca: Pasar Tanaman Hias Terbesar se-Indonesia di Bogor, Banyak Tanaman Unik

"Jenis di sini memang banyak ragam tanaman hias. Mulai dari kaladium, alokasia, aglonema, hingga tanaman-tanaman yang lainnya dan di sini juga terdapat pohon-pohon proyek, pohon hias hingga koleksi lainnya," sambungnya.

Lebih lanjut, Sultan mengatakan bahwa saat ini masyarakat banyak memburu jenis tanaman yang lagi popular saat ini seperti aglonema dan keladi.

"Untuk kalangan ibu-ibu biasanya, mencari tanaman yang murah dan juga bagus. Contohnya seperti bunga mawar, bambu, alokasia dan keladi-keladi. Yang harganya murah dan juga kualitasnya bagus. Tapi kalau untuk kalangan ibu-ibu banyak yang mencari bunga mawar dan kaladium yang unik-unik," tegasnya

Terkait distribusi, Sultan mengaku bahwa Erwin Flora sudah mendistribusikan jenis tanaman kebeberapa daerah di Indonesia.

"Proses distribusi sudah sampaik ke luar pulau Jawa. Bahkan dari mana-mana alhamdulillah datang ke sini semua. Karena di samping murah, kualitas juga terjaga," ungkapnya.

Terkait harga, Sultan mengatakan bahwa tanaman yang dijual di tempatnya bervariasi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

"Mulai yang murah itu ada rembusa, tanaman proyek dan paling murah ada sutra bombay, mawar dan pohon-pohon kecil lainnya. Dan yang mahal itu ada alokasia ada aglonema, dan kaladium yang unik dan ada jenis pilo," ungkapnya.

"Yang paling mahal angkanya mencapai Rp 500 ribu untuk jenis tanaman koleksi. Tanaman hias paling mahal Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu," sambungnya.

Sementara itu, untuk perawatan, Sultan membeberkan bahwa setiap tanaman memiliki perawatan tersendiri.

"Setiap tanaman punya cara perawatan tersendiri ya. Alokasia, aglonema, alokasium. Contohnya pohon mawar, dia itu harus banyak air. Harus sering disiram dan dikasih pupuk juga jauhkan dari sinar matahari. Karena mawar itu suka ditempat yang sejuk dan tidak suka dijemur. Kalau kaladium hanya membutuhkan air dan pupuk saja," tandasnya. (*)

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Sekar Manik Pranita
Sumber: Tribunnews Bogor
Tags
   #tanaman hias   #Sawangan   #Kota Depok   #keladi   #Aglonema
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved