Yandex

LIVE UPDATE

LIVE UPDATE: Bisnis Ikan Gabus Hias yang Meraup hingga Puluhan Juta Rupiah

Kamis, 10 Desember 2020 18:09 WIB
Tribunnews Bogor

TRIBUN-VIDEO.COM - Berbicara ikan hias saat ini memang telah menjadi primadona tersendiri khususnya untuk masyarakat di Indonesia.

Dari ikan cupang hias, louhan, gupi saat ini banyak dicari untuk dipelihara bagi seseorang yang telah terpikat oleh magisnya.

Bahkan, ada ikan hias yang harganya mencapai belasan juta rupiah, ikan hias tersebut bernama Channa (ikan gabus hias).

Di perbatasan Depok, ada bisnis ikan gabus hias yang berlokasi di Perumahan Reni Jaya, Kelurahan Pondok Benda, Pamulang,  RT 06 RW 06, bernama Garasi Ican Hias.

Pemilik Garasi Ican Hias, Muhammad Ichsan mengatakan bahwa telah menekuni hobi dalam memelihara ikan hias sejak tahun 2015.

"Sebenarnya dalam bidang ikan hias ini sudah 5 tahun, sudah dari 2015 itu main-main ikan hias, ikan hias predator. Awalnya cuma jual beli online, nyetok-nyetok dari petani-petani, sekarang dibantu teman juga bisa import ikan dari luar negeri," ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Baca: Pria di Madiun Rela Menukar Emas Batangan Miliknya dengan 4 Ekor Ikan Cupang

"Untuk sekarang mungkin lebih kepada ikan gabus hias, sama untuk ikan seperti aquascape seperti otocinclus, mini puffer, nah ikan buntel kecil-kecil itu dibuat untuk aquascape," tambahnya.

Terkait pemilihan nama usahanya, Ichsan mengaku bahwa Garasi Ican Hias diambil dari nama aslinya.

"Sebenarnya tidak beda dari yang lain. Tapi, uniknya itu dari nama aja, garasi ican hias kebetulan nama saya Ikhsan, jadi nama saya sendiri diplesetin menjadi Ican," tegasnya.

Lebih lanjut, Ichsan menegaskan bahwa Channa yang berada di farmnya mengutamakan kualitas.

Tak ayal, jika Garasi Ican Hias kini namanya mencuat ke dunia Internasional.

"Yang membedakan adalah kualitas sih, misalkan mau ekspor ikan. Itu kita tidak bisa melakukan ekspor begitu saja. Jadi harus melalui karantina terlebih dahulu di farm," bebernya.

"Sebenarnya kita itu ingin ke Malaysia, waktu itu sempat ada orderan ke Turki, kemudian ada kendala dalam urusan pengiriman. Jadi ada beberapa negara yang tidak boleh dimasuki oleh jenis ikan tersebut," sambungnya.

Baca: Uniknya Salon Ikan Cupang Hias di Kota Malang, Bisa Jadi Bisnis Menggiurkan saat Pandemi

Terkait alasan harus dikarantina, Ichsan menjelaskan bahwa hal itu dilakukan agar ikan tidak mengalami stres.

"Karantina itu paling lama 10 hari, setelah itu baru bisa didistribusi ke luar negeri. Fungsi karantina itu tujuannya agar ikan itu lebih stabil, lebih aman, kemudian baru bisa didistribusikan," bebernya.

Untuk urusan perawatan, Ichsan mengatakan bahwa perawatan Channa hampir serupa dengan mengurus ikan hias lainnya seperti ikan cupang hias.

"Perawatan ikan gabus hias itu perawatannya seperti ikan cupang saja. Jadi diletakkan di aquarium tidak perlu pakai mesin dia tetap hidup. Untuk mengganti airnya cukup seminggu sekali," ujarnya.

Saat ini, Garasi Ican Hias memiliki koleksi beragam Channa yang cantik dan menawan.

"Di Garasi Ican Hias ini ada ikan gabus hias aurantimaculata. Ikan gabus itu nama latinnya channa. Ada Channaa Stewarti, Channa Argus, Channa Asiatika dan lainnya," tegasnya.

Sementara itu, untuk Channa yang paling diminati saat ini Ichsan mengaku bahwa ada beberapa jenis ikan yang paling banyak dicari.

"Yang paling banyak diminati Channa Aurantimaculata. Harga terendah itu ada dari Rp150 ribu dan yang tertinggi sampai Rp10 juta," tandasnya.

Nah jika kalian yang berminat untuk memelihara ikan gabus hias bisa langsung kunjungi instagram-nya di Garasi Ican Hias.

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Ratu Budhi Sejati
Videografer: Tri Hantoro
Video Production: Kharis Ardiyansah
Sumber: Tribunnews Bogor
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved