Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Polisi Periksa 6 Orang, Total 13 Saksi Telah Diperiksa atas Kasus Tes Swab Rizieq Shihab di RS UMMI

Selasa, 1 Desember 2020 23:26 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Penyidik dari Kepolisian Resor Bogor Kota memeriksa sejumlah orang terkait kasus kontroversi tes usap ( swab test) Rizieq Shihab di Rumah Sakit Ummi, Selasa (1/12/2020).

Mereka yang diperiksa berjumlah enam orang.

Mereka antara lain Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Kota Bogor, sekuriti, hingga ahli pandemi.

Enam orang yang diperiksa pada hari ini adalah Ketua Pelaksana Satgas Covid-19 Kota Bogor, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Kepala BPBD Kota Bogor, pihak sekuriti RS Ummi, dan ahli epidemiologi.

Mereka akan dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus yang menimbulkan polemik tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Polresta Bogor Kota Komisaris Besar Hendri Fiuser mengatakan, pemeriksaan ini merupakan rangkaian dari proses penyelidikan kepolisian atas laporan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor terhadap pihak RS Ummi.

Baca: Jika Penuhi Panggilan, Polda Metro Jaya Pastikan Habib Rizieq Diswab Sebelum Pemeriksaan

Hingga sampai saat ini sudah ada 13 orang yang dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus ini.

"Sampai saat ini kita sudah memeriksa 13 orang, dan hari ini dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan enam orang," kata Hendri, di Mapolresta Bogor Kota.

Hendri mengatakan, kasus ini akan terus dilanjutkan meski Satgas Covid-19 Kota Bogor telah mempertimbangkan untuk mencabut laporannya.

Ia menyebut, jika proses penyelidikan ini berjalan lancar maka dalam waktu dekat kepolisian akan segera menentukan tersangka.

"Kasus ini tetap dilanjutkan, tetap menggali pasal-pasal yang kita sangkakan. Besok juga ada pemeriksaan. Semoga hasil pemeriksaan bisa disimpulkan oleh tim penyidik secepatnya. Jadi Insya Allah hari Senin (pekan depan) kita sudah naik ke proses penyidikan," sebut Hendri. "Artinya sudah bisa kita tentukan tersangkanya," sambungnya.

Pada Senin (30/11/2020), Direktur Umum RS UMMI Andi Tatat telah dimintai klarifikasi polisi terkait perawatan Habib Rizieq.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor melaporkan Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Ummi Andi Tatat ke Mapolresta Bogor Kota.

Andi dilaporkan bersama beberapa pegawai RS Ummi lainnya lantaran dianggap tidak kooperatif dan transparansi dalam memberikan keterangan saat ditanya soal pelaksanaan swab test Rizieq Shihab yang dilakukan secara diam-diam.(Tribun-video.com/ Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Polisi Kembali Periksa 6 Orang atas Kasus Tes Swab Rizieq Shihab di RS Ummi

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: arvent
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved