Yandex

Virus Corona

Sempat Direncanakan di Akhir 2020, Vaksin Covid-19 Mundur karena Masih Tunggu Izin BPOM

Minggu, 25 Oktober 2020 16:32 WIB
Kompas TV

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa rencana vaksinasi covid-19 pada akhir 2020 diperkirakan akan mundur.

Sementara, sebagai kelompok prioritas penerima vaksin, tenaga kesehatan menyatakan tak masalah jika rencana vaksinasi covid-19 mundur demi pengujian yang lebih akurat.

Luhut Binsar Pandjaitan juga menyebut adanya kemungkinan mundurnya jadwal vaksinasi bukan karena tidak adanya pasokan vaksin.

Melainkan karena dibutuhkannya waktu bagi BPOM untuk bisa mengeluarkan izin penggunaan produk medis.

Sementara, ketua tim riset uji klinis vaksin fakultas kedokteran Universitas Padjajaran, Kusnandi Rusmil menilai, pemerintah tampaknya akan menunggu hasil uji klinis yang saat ini masih dilakukan sebelum melakukan suntik vaksin kepada masyarakat.

Sebagai kelompok prioritas penerima vaksin, tenaga kesehatan menyatakan tak masalah jika rencana vaksinasi covid-19 mundur demi pengujian yang lebih akurat.

Apalagi jika penerima yang diprioritaskan adalah garda terdepan yang dianggap lebih berisiko terhadap penyebaran covid-19.

Terkait rencana vaksinasi covid-19, pemerintah telah manjalin komunikasi dengan 7 dari 10 kandidat vaksin dari sejumlah negara untuk memenuhi tersedianya pasokan.
 
Pemerintah juga memastikan seluruh vaksin yang akan diberikan ke masyarakat telah lolos uji klinis tahap 3. (*)

Artikel ini telah terbit di Kompas TV berjudul Vaksinasi Covid-19 Mundur, Pemerintah Masih Tunggu Izin BPOM

Editor: Aprilia Saraswati
Sumber: Kompas TV
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved