Yandex

Virus Corona

Doni Monardo 7 Persen Pasien Covid di RS Wisma Atlet Bukan Orang yang Sering Keluar Rumah

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:08 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUN-VIDEO.COM - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan sebanyak 7 persen pasien Covid-19 yang di rawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran bukanlah orang yang sering keluar rumah.

Menurut Doni, mereka semua merupakan pasien yang tetap menjalankan himbauan pemerintah agar tetap di rumah untuk menghindari penularan Covid-19.

Hal itu disampaikan Doni saat membuka dialog sosialisasi Iman, Aman dan Imun Hadapi Covid-19 melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Jumat (16/10/2020).

"Dari data yang kami peroleh, 7 persen mereka yang dirawat di Wisma Atlet di Jakarta itu terpapar Covid bukanlah orang yang keluar rumah. Mereka semuanya berada di rumah sebagaimana himbauan pemerintah ternyata merekapun terpapar Covid," kata Doni.

Kepala BNPB ini pun menilai, angka itu menunjukan bahwa penularan Covid-19 ditemukan saat ini justru terjadi dari orang-orang di sekitar pasien.

Sehingga, pasien Covid-19 yang tetap berada di rumah pun bisa tertular virus Corona.

"Kita terpapar Covid bukan dari orang yang jauh. Tetapi biasanya dari orang yan terdekat dengan kita atau orang-orang disekitar kita bahkan keluarga kita sendiri," jelas Doni.

Maka dari itu, Doni mengingatkan bahwa covid ini sangat berbahaya terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau lansia.

"Ini adalah kelompok rentan. Ketika mereka terpapar Covid, dampaknya bisa sangat fatal," ucap Doni. (*)

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved