Yandex

Penanganan Covid

Cegah Penyebaran Covid-19 dengan Disiplin Terapkan 3M dan TLI, Kemenkeu Yakin Ekonomi akan Pulih

Jumat, 2 Oktober 2020 09:46 WIB
Tribunnews.com
Editor: Aprilia Saraswati | Reporter: Rena Laila Wuri | Video Production: Bhima Taragana

TRIBUN-VIDEO.COM - Kampanye gerakan 3 M yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak dan TLI atau Tes-Lacak-Isolasi terus digalakkan di tengah masyarakat dalam kehidupan normal baru agar penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat ditekan.

Pasalnya, apabila masyarakat patuh maka ekonomi tetap bisa berjalan.

Hal itu dikatakan Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro (PKEM) Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hidayat Amir, seperti dikutip laman kemenkeu.go.id, Kamis (1/10/2020).

"3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) tidak boleh ditinggalkan. Tes-Lacak-Isolasi (TLI) harus dikuatkan," ujarnya.

Jika penanganan Covid-19 dilakukan dengan baik maka kegiatan ekonomi bisa tetap produktif dan membaik.

Hidayat menjelaskan, dengan mengetahui TLI bisa menurunkan risiko, serta semakin baik orang yang TLI, semakin baik menjaga protokol kesehatan.

"Kalau keduanya ini dilakukan dengan baik, maka sistem kesehatan kita akan bisa mengabsorb dengan baik," katanya.

Dari sisi kesehatan pemerintah sedang menyiapkan pengadaan vaksin selain di dalam negeri seperti yang dilakukan Eijkman juga kerjasama baik bilateral maupun multilateral.

Selain itu, meskipun kegiatan ekonomi terkendala karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai sikap berhati-hati dalam menjaga kesehatan, namun produktivitas ekonomi sebenarnya tetap bisa dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Berhati-hati dengan mengurangi aktivitas itu pilihan rasional, semakin aktivitas berkurang maka aktivitas ekonomi juga berkurang. Tetap produktif asal menjaga protokol kesehatan secara disiplin, penanganan Covid baik, maka ekonomi bisa pulih," pungkasnya.

Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Catatan Redaksi: Bersama kita lawan virus corona.

Tribun Videomengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

(Tribun-video.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Disiplin Terapkan 3M dan TLI, Kementerian Keuangan Yakin Ekonomi Pulih

Sumber: Tribunnews.com

VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved