Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

POPULER Gara-gara Jenguk Tetangga, 13 Orang dalam Satu Desa di Ponorogo Tertular Covid-19

Senin, 21 September 2020 07:18 WIB
Surya

TRIBUN-VIDEO.COM - 13 warga di Desa Kutu Kulon dan Desa Karanggebang, Kecamatan Jetis, Ponorogo terpapar Covid-19.

Ke-13 orang tersebut diduga terpapar Virus Corona setelah menjenguk salah satu kerabat atau tetangga yang positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni.

Ipong mengatakan, awalnya para warga menjenguk pasien no 303, seorang laki-laki umur 62 tahun warga desa setempat.

Pasien 303 sudah meninggal saat dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Ponorogo.

Awalnya yang bersangkutan dikira tidak terpapar Covid-19, melainkan sakit jantung.

"Karena tadinya dikira (pasien 303) ini bukan corona. Dikira sakit jantung karena dia ada riwayat itu dan sudah tua, sehingga banyak keluarganya membesuk," kata Ipong, Sabtu (19/9/2020).

Dari situ lah penularan bermula hingga membuat kedua desa saat ini diberlakukan sistem lock down sejak beberapa hari yang lalu.

"Saya mengimbau sekaligus melalui relawan dan dan satgas meminta masyarakat untuk tidak kunjung-mengunjungi dulu kecuali penting dan itu pun harus mematuhi protokol kesehatan," lanjutnya.

Selain itu tambahan kasus positif Covid-19 di Ponorogo juga banyak disumbangkan dari masyarakat yang bepergian dari luar kota.

Untuk itu Ipong mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan monitoring kedatangan warga yang berpergian dari zona merah.

Dengan tambahan tersebut total ada 365 kasus Covid-19 di Ponorogo. 277 di antaranya sembuh, 13 pasien meninggal dunia, dan 75 pasien sedang isolasi atau menjalani perawatan.(Tribun-Video.com/Surya)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Jenguk Kerabat yang Dikira Sakit Jantung, 13 Orang di Kabupaten Ponorogo Tertular Covid-19

Editor: Aprilia Saraswati
Sumber: Surya
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved