Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

VIRAL Ajakan Sebar Virus Corona di Semarang, Satgas Covid Langsung Jemput Satu Orang

Minggu, 20 September 2020 11:35 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Baru-baru ini media sosial di gegerkan oleh unggahan yang menampilkan tangkapan layar chatting WhatsApp yang dilakukan oleh dua orang diduga positif Virus Corona.

Keduanya diketahui merupakan warga Semarang.

Satgas Covid-19 dan kepolisian langsung turun tangan mengambil tindakan.

Pada Sabtu (19/9/2020), pihak kepolisian dan Satgas Covid-19 melakukan evakuasi penderita corona di Jerakah, Semarang tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, dua warga positif Covid-19 membuat heboh dunia maya karena percakapan mereka via WhatsApp (WA).

Dalam percakapan itu, salah satu akun memprovokasi untuk menyebarkan Covid-19.

Adapun dua warga tersebut berinisial F dan tetangganya yang berinisial L.

F menjelaskan bahwa L masih bisa bepergian walaupun seharusnya menjalani isolasi mandiri.

F pun yakin dirinya juga bisa bepergian seperti L

Karena membuat masyarakat resah, Gugus Tugas Covid-19 langsung menjemput L.

L dan 3 anggota keluarganya sudah dievakuasi dari Jerakah, tiba di rumah dinas Wali Kota Semarang sekira pukul 17.00 WIB.

"Sudah, sekitar pukul 17.00 tadi dengan dibawa ambulans siaga menuju Rumdin. L dan kedua anaknya saat ini sudah selesai melakukan pemeriksaan dan administrasi, kemudian sudah menempati tempat isolasi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam

Sementara F tidak memungkinkan dibawa pergi karena masih merawat ibunya yang juga tertular virus dan baru kembali dari rumah sakit.

"F ini anak tunggal, jadi tidak punya saudara yang bisa merawat Ibunya," ucap Hakam.

Ibu F pun masih memiliki beban psikologis karena suaminya baru saja meninggal karena Covid-19.

Meski begitu, karantina yang dijalani F dipastikan dalam pengawasan ketat.

"Jadi masyarakat sudah tidak perlu khawatir lagi, karena isolasi mandiri yang dijalani F dalam pengawasan ketat oleh warga dan pemangku wilayah setempat,” kata dia.

Kapolsek Tugu Kompol Eko Kurniawan menjelaskan, belum mengetahui secara pasti motif F memposting perihal L yang positif Virus Corona di media sosial hingga menimbulkan kehebohan.

Kepolisian perlu melakukan pendalaman terlebih dahulu, tentu menjadi kewenangan dari Ditreskrimsus Polda Jateng sebab menyangkut UU ITE.

"Terpenting saat ini kami telah evakuasi L dan keluargaa sehingga tidak menimbulkan kegaduhan dan kekhawatiran di masyarakat. Mereka satu keluarga telah aman mendapat penanganan medis memadai di rumdin," jelasnya. (Tribun-video.com/Rena Laila/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dua Warga Positif Covid-19 Ingin Sebarkan Virus, Chat WhatsApp Tersebar, Gugus Tugas Jemput Satu Orang

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved