Yandex

Terkini Nasional

Satu Oknum Personel TNI AU Jadi Tersangka atas Perusakan Mapolsek Ciracas

Rabu, 16 September 2020 23:04 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM, GAMBIR - Satu personel TNI Angkatan Udara (AU) menjadi tersangka atas pengrusakan Mapolsek Ciracas, Sabtu (29/8/2020) lalu.

Sampai saat ini Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI masih menggali keterlibatan tersangka lainnya.

Hal itu diungkapkan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) Mayjen TNI Eddy Rate Muis dalam konferensi pers di Mabesad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020).

Eddy mengatakan, saat ini 29 oknum prajurit dari TNI Angakatan Udara (AU) dan prajurit dari TNI Angkatan Laut (AL) telah diperiksa sebagi saksi.

Sebanyak 10 prajurit dari TNI AL dan 19 prajurit dari TNI AU.

Hasilnya, sebanyak tujuh prajurit dari AL dinaikan statusnya menjadi tersangka sementara satu prajurit dari AU dinaikan status jadi tersangka.

"Jadi total tersangka dari TNI AU dan AL yakni delapan tersangka. Dari TNI AL mereka terdiri dari tiga satuan berbeda," ujar Eddy dalam konferensi pers.

Sehingga total keseluruhan oknum prajurit yang diperiksa baik dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) ialah 119 orang.

Dimana 95 prajurit dari TNI AD, 10 prajurit dari TNI AL, dan 19 prajurit dari TNI AU.

Dari ke-119 prajurit itu, sebanyak 65 orang ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti terlibat dalam pengrusakan Mapolsek Ciracas.

Dimana 57 oknum prajurit berasal dari AD, tujuh oknum prajurit dari AL, dan satu prajurit dari AU.

Saat ini pihak penyelidiki Puspom masih mendalami lagi dua prajurit AU yang diduga kuat terlibat dalam pengrusakan tersebut.

"Dua oknum prajurit yang diduga kuat terlibat itu masih berstatus saksi. Karena kami belum mendapatkan bukti yang cukup kuat," jelas Eddy.

Sementara itu, Komandan Puspom TNI AD (Danpuspomad) Letjen Dodik Widjanarko mengatakan 57 personil AD yang terlibat terdiri dari 25 satuan TNI AD.

Mayoritas mereka adalah prajurit Tamtama angkatan 2017 yang bertugas bawah perintah pejabat TNI.

"Sebanyak 47 prajurit Tamtama angkatan 2017. Mereka berdinas bawah perintah jadi tugas layani pejabat seperti menjadi pengemudi," jelas Dodik.

Namun demikian, Dodik tidak menutup kemungkinan masih ada oknum prajurit lainnya yang terlibat dalam kerusuhan tersebut.

Saat ini, pihaknya bersama Puspom TNI masih mencari keterlibatan oknum prajurit lain dalam kerusuhan di Mapolsek Ciracas.

Diberitakan sebelumnya Mapolsek Ciracas, Jakarta Timur diserang oleh sejumlah pria Sabtu (29/8/2020) malam.

Secara membabi buta mereka menyerang Mapolsek Ciracas dan wilayah sekitarnya dengan membakar hingga melakukan pengrusakan.

Setelah diselidiki, mereka ternyata prajurit TNI yang termakan hoaks dari seorang prajurit TNI lain yang sempat alami kecelakaan.

Para oknum prajurit TNI itu menerima hoaks tentang kecelakaan anggota TNI berinisial Prada M yang diakibatkan oleh orang lain.

Setelah diselidiki, Prada M sengaja membuat isu bohong itu karena malu ketahuan kecelakaan akibat meminum-minuman alkohol.(*)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul VIDEO: Satu Oknum Prajurit TNI AU Terlibat Dalam Kerusuhan Polsek Ciracas

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Warta Kota
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved