Yandex

Virus Corona

Wiku: Pemprov DKI Perlu Sinergi dengan Daerah Penyangga Tekan Mobilitas Penduduk

Rabu, 16 September 2020 09:12 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUN-VIDEO. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa perlu ada sinergitas antar daerah terutama daerah yang berdampingan dalam penanaganan Covid-19. Contohnya DKI yang harus bersinergi dengan daerah-daerah penyangga.

"Perlunya sinergitas antar daerah terutama yang bersebelahan dalam hal ini contoh yang perlu kita perhatikan bersama adalah daerah-daerah penyangga di seputar DKI Jakarta yaitu Bodetabek. Bogor, Depok,Tangerang, dan Bekasi baik kota maupun kabupaten," kata Wiku di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (15/9/2020).

Sinergitas diperlukan untuk menekan mobilitas warga dari daerah-daerah penyangga ke DKI Jakarta. Karena mobilitas warga di daerah penyangga sangat tinggi ke DKI.

"Agar pemerintah daerah betul-betul dapat menekan kasusnya menekan mobilitas penduduk agar potensi penularannya dapat dicegah, tentunya koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan secara rutin agar kondisinya dapat terkendali," katanya.

Selain koordinasi antara pemerintah daerah, menurut Wiku koordinasi dengan Pemerintah pusat pun diperlukan secara rutin. Sehingga apabila daerah memerlukan bantuan dari pemerintah pusat, maka dapat segera terealisasi.

"Agar kondisinya dapat terkendali dan setiap bantuan yang diperlukan oleh pemerintah daerah dapat dikerahkan dari pemerintah pusat maupun juga mungkin bantuan kebijakan dan peraturan dari daerah sekitarnya," pungkasnya. (*)

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Taufik Ismail
Video Production: bagus gema praditiya sukirman
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved