Yandex

Tribunnews Update

Penjelasan Risma soal Klaim-nya Terkait Surabaya Sudah Berubah Jadi Zona Hijau

Rabu, 5 Agustus 2020 16:29 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini diketahui mengklaim wilayahnya telah berubah menjadi zona hijau Covid-19 atau risiko rendah penularan Virus Corona.

Hal itu disampaikannya lantaran angka kesempuna kasus Covid-19 di Surabaya sudah cukup tinggi dan jumlah penularannya sudah banyak berkurang dari sebelumnya.

Dikutip dari Kompas.com, hal tersebut disampaikan oleh Risma pada saar siaran pers yang digelar pada Senin (3/8/2020).

Menanggapi klaim tersebut, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto menjelaskan bahwa perubahan itu berdasarkan kajian pakar epidemiologi yang diterima Pemkot Surabaya.

Irvan mengatakan, dari laporan tersebut tertulis transmission rate di Surabaya telah berada di bawah angka satu.

Diklaim oleh Irwan bahwa tren kasus Covid-19 di Surabaya terus menurun dan angka kesembuhan pasien Covid-19 terus meningkat.

"Untuk tren kasus di berbagai data yang sudah diterima, mengalami tren penurunan terkait jumlah kasus, dan ada kenaikan jumlah kesembuhan," ujar Irvan.

Sementara berdasarkan peta di laman resmi Jatim Tanggap Covid-19, Kota Surabaya masih berstatus zona merah penyebaran Covid-19.

Dalam peta itu, terdapat beberapa kota lain yang berstatus zona merah, seperti Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Gresik, Kota Malang, Kota Batu, dan Kota Mojokerto.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Risma Klaim Surabaya Berubah Jadi Zona Hijau Covid-19, Ini Penjelasannya"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Ruth Aurora Chintya Natasha Iswahyudi
Video Production: bagus gema praditiya sukirman
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved