Yandex

Olahraga

Begini Filosofi Jersey Away Timnas Indonesia, Ketum PSSI: Timnas Indonesia Harus Lebih Kuat

Rabu, 29 Juli 2020 16:37 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUN-VIDEO.COM – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sempat bercerita di bawah kepemimpinannya jiwa nasionalisme pada Timnas Indonesia harus lebih kuat.

Keinginan tersebut pun ia implementasikan hingga dalam hal pemilihan produksi jersey Timnas Indonesia.

Hingga akhirnya Iriawan memilih Mills yang merupakan apparel lokal buatan Indonesia.

Bahkan, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengklaim jersey buatan Mills ini lebih baik dari jersey Timnas Indonesia sebelumnya.

“Saya minta memang kepada mereka (Mills) untuk ada inovasi yang terbaru dan keIndonesiaan, kemerah putihan dan saya pikir mereka bisa karena pemiliknya, desainernya, itu orang Indonesia asli,” kata Iriawan dalam acara peresmian jersey away Timnas Indonesia di Kantor Mills, Tamansari, Jakarta Barat, Senin (27/7/2020).

“Soal kontrak kita akan lihat setahun-setahun, tapi saya yakin Mills akan memberikan yang terbaik dan jersey ini lebih bagus dari yang sebelumnya,” sambungnya.

Jersey away Timnas Indonesia hanya memiliki dua warna, hijau-putih dengan lambang Mills di sebelah kanan dan Garuda di sebelah kiri.

Di bagian tengah terdapat garis hijau yang melintang dan di dalamnya jika dilihat secara detail terdapat peta Indonesia dengan garis putih yang melabangkan khatulistiwa.

Corak tersebut pun juga dikatakan Iriawan sebagai semangat Indonesia sehingga bisa membuat para pemain lebih termotivasi ketika bertanding.

“Desainnya salah satu inovasi terbaru yakni tadi ada warna putih itu melambangkan kesucian Indonesia, kemudian ada hijau garis di tengah itu melambangkan kesuburan Indonesia,” kata Iriawan.

“Kemudian garis tengahnya ada strip itu garis khatulistiwa karena Indonesia ada di garis khatulistiwa. kemudian ada secara transparan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Itu bisa terlihat kalau main malam,” jelasnya.

Sementara itu, jersey away kiper Timnas Indonesia juga punya filosofi tentang Indonesia. hal itu dibeberkan langsung oleh Fajarussalem, desainer jersey Timnas Indonesia.

“Jersey kiper itu berangkatnya dari Indonesia negara maritim. Jadi kelautan itu kaya topografi warnanya laut dalam dan ada yang lebih muda. Warna aslinya saya taruh di away untuk menemani yang putih,” jelasnya.(*)

Editor: Purwariyantoro
Reporter: Abdul Majid
Videografer: Abdul Majid
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved