Yandex

Viral Video

Viral di Medsos, Pesut Muncul ke Permukaan di Sungai Mahakam, Spesies ini masuk Appendix I CITES

Kamis, 23 Juli 2020 18:24 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah video yang memperlihatkan peristiwa langka kemunculan pesut di Sungai Mahakam viral di medsos.

Video pesut di Sungai Mahakam itu pun diunggah oleh seorang pengguna Twitter dengan username @BahriBpp pada Senin (20/7).

Dalam video yang berdurasi 54 detik itu memperlihatkan Sungai Mahakam yang berwarna cokelat.

Kemudian, ada beberapa ekor pesut yang muncul di permukaan menyerupai lumba-lumba yang berenang secara agresif.

Video itu pun menjadi perbincangan pengguna internet dan viral di medsos, hingga hari ini (22/7) unggahan tersebut mendapatkan lebih dari 22 ribu retweet dan lebih dari 67 ribu likes.

Syarifurl Bahri mengatakan kejadian tersebut berada di Sungai Mahakam, sekitar Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara.

Dilansir oleh TribunTravel dari Kompas.com, Peneliti LIPI Peneliti LIPI bidang Zoologi Yuli Fitriana menjelaskan pesut Mahakam merupakan keluarga lumba-lumba dengan family Delphinidae.

"Kalau kita nyebut pesut Mahakam berarti subpopulasi yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan," ujarnya pada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Lanjutnya, pesut Mahakam dengan nama latin Orcaella brevirostris tak hanya ada di Indonesia.

Pesut Mahakam juga tersebar di Bangladesh, India, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Saat ditanya terkait perbedaan pesut Mahakam dengan lumba-lumba, imbuhnya tidak hanya moncong dan lehernya yang fleksibel.

Jadi terlihat agak kusut di bagian belakang kepalanya.

Pesut Mahakam menurutnya juga memiliki bentuk kepala menonjol dengan dahi yang panjang.

"Kepala dan wajahnya lebih mirip paus beluga (Delphinapterus leucas) daripada lumba-lumba pada umumnya," kata dia.

Mengenai punah tidaknya pesut Mahakam, Yuli menjawab bahwa pesut memang hampir punah.

"Pesut Mahakam belum punah tapi kalau statusnya di IUCN critically adalah endangered, satu step sebelum punah," ujarnya.

Dia juga menjelaskan populasi di Indonesia sudah sangat dekat menuju kepunahan, karena populasi individu dewasa terus turun.

Yuli mengatakan pesut Mahakam sering ditangkap nelayan, sering terjerat di gillnet. Sering terjadi kematian insidental karena satwa ini terperangkap di gillnets.

Menurutnya hal itu menjadi ancaman utama untuk pesut Mahakam. Selain itu gangguan lain juga bisa dari tongkang batu bara yang ada di sungai-sungai.

"Lalu degradasi dari penurunan atau perubahan aliran air tawar ini berpengaruh pada populasi di muara. Polutan berupa minyak, pestisida, limbah industri, debu batubara juga mengganggu populasinya," katanya.

Lanjutnya, pendangkalan di sekitar badan sungai dan muara juga mengancam populasi pesut Mahakam.

Penangkapan untuk diperjualbelikan ke sejumlah tempat juga termasuk ancaman juga.

Spesies ini masuk dalam Appendix I CITES, jadi perdagangan internasional dilarang.(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Viral di Medsos, Pesut di Sungai Mahakam yang Langka Muncul di Permukaan

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: TribunTravel.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved