Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Ricuh hingga Bakar Mobil Wakapolres Madina dan 6 Petugas Terluka, Kades Akhirnya Mengundurkan Diri

Selasa, 30 Juni 2020 16:59 WIB
Tribun Medan

TRIBUN-VIDEO.COM - Ratusan warga Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan protes atas dugaan ketidaktransparan pembagian bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD).

Dengan itu warga meminta kepala desa untuk mundur dari jabatannya dengan melakukan aksi protes, berupa pembakaran mobil milik Wakapolres Madina pada Senin (29/6/2020).

Dikutip dari Tribun-Medan.com, awalnya diketahui warga melakukan blokade jalan lintas Sumatera (Jalinsum) dengan membakar ban bekas.

Lalu pada Senin malam, aksi protes warga tersebut berujung pembakaran dua unit mobil, satu di antaranya milik Wakapolres Madina.

Menanggapai hal tersebut, aparat gabungan dari TNI dan Polri diterjunkan ke lokasi hingga enam personel kepolisian menjadi korban.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja mengatakan bahwa pihaknya sempat melakukan negosiasi kepada massa.

Namun kelompok massa pemblokir jalan, tidak menerima dan meminta agar Bupati Madina segera mengeluarkan surat pemecatan terhadap kepala Desa.

Dalam hal tersebut, ia melanjutkan, pihaknya telah mengambil langkah-langkah persuasif dan komunikasi telah dilakukan oleh aparat kepolisian.

"Begitu juga dengan massa masih terkonsentrasi pada titik kumpul awal aksi pemblokiran Jalinsum Medan-Padang tepatnya di Desa mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara," katanya.

Setelah menunggu beberapa lama, aksi unjuk rasa pun meredam setelah Kepala Desa membuat surat pernyataan pengunduran dirinya yang ditandatangani materai 6000.

Surat pernyataan itu berisi,

'Saya yang bertanda tangan di bawah ini Hendri Hasibuan, dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai kepala Desa Mompang Julu. Demi keamanan dan kenyamanan Desa Mompang Julu, Kecamatan Penyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya'.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul AKHIRNYA Kades Mengundurkan Diri, Update Kericuhan di Madina soal BLT dan Pembakaran Mobil Polisi

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Ruth Aurora Chintya Natasha Iswahyudi
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribun Medan
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved