Yandex

Travel

Keseruan Offroad Mini RC Adventure Bawor Ngapak Banyumas

Selasa, 30 Juni 2020 10:01 WIB
Tribun Jateng

TRIBUN-VIDEO.COM, PURWOKERTO - Di Banyumas, anak-anak pun juga menggilai mobil offroad. Mereka juga tampak lihai melahap lintasan menankan, menikung dan berlumpur.

Namun, tentu saja, anak-anak ini tak mengendarai mobil offroad sesungguhnya. Melainkan mobil offroad mini yang dikendalikan menggunakan remote control (RC).

Tak hanya anak-anak, pecinta mobil offroad remote control juga berasa dari kalangan dewasa.

Pecinta mobil offroad remote control yang tergabung dalam RC Adventure Bawor Ngapak Banyumas, menyalurkan hobi mereka di lahan kosong kampus Universitas Wijayakusuma, Purwokerto, pada Minggu (28/6/2020).

Puluhan pemain mobile rc adventure tampak asyik berlatih bersama.

Layaknya seperti mobil off-road asli, miniatur mobil off-road ini terlihat gahar melaju di setiap track basah, terjal dan berbatu.

Para pemain berusaha beradu menjadi yang paling terampil mengendalikan mobil menggunakan remote control dan mengatur supaya mobil tidak gampang terjungkal.

Pada lintasan mobil terdapat bebatuan, genangan air, jembatan, hingga turunan terjal persis seperti arena off-road sungguhan.

Rupanya para pecinta mobil mini remote control adventure Bawor Banyumas ini sudah ada sejak 2014.

Namun pada saat itu belum banyak peminatnya dan mulai ramai sekitar 2018.

"Para anggota pecinta mobil Remote Control (RC) Adventure Bawor Ngapak Banyumas kurang lebih ada 100 orang."

Dengan anggota aktif kurang lebih sebanyak 25 sampai 50 orang," ujar anggota sekaligus Master Track, RC Banyumas, Aris Tri Rejeki (45) kepada TribunBanyumas.com, Minggu (28/6/2020).

Aris mengatakan aturan dalam permainan mini off-road adventure ini mengadopsi aturan dalam mengendarai mobil off-road sungguhan.

"Contohnya adalah ketika mobil itu terguling tidak boleh diangkat menggunakan tangan, tetapi ada mobil Winch atau mobil derek yang juga menggunakan remote," tuturnya.

Hal yang unik dari permainan mini off-road remote control ini adalah karena model, sistem kerja dan segala macam aksesorisnya mirip dengan mobil off-road aslinya.

Mesinnya menggunakan tenaga dynamo, menggunakan oli seperti mobil asli bahkan mobil dereknya sendiri juga menggunakan sling asli.

Kriteria dalam permainan ini adalah dilihat dari segi catatan waktu, technical skill yaitu bagaimana mengendalikan pada medan berbatu dan faktor realistik atau dilihat mobil itu bisa semirip mungkin atau tidak dari perbandingan aslinya.

"Biasanya yang dimainkan adalah mobil mini off-road dengan ukuran 1:10 dan 1:12 ukuran mobil dengan mobil aslinya," tambahnya.

Untuk mobil mini off-road dengan ukuran 1:10 yang telah dimodifikasi harganya bisa mencapai Rp3 juta.

"Biasanya jika ingin melakukan modifikasi itu bervariasi seperti bagian servo, motor, dynamo, dan gardan, nominalnya bisa Rp2 juta tergantung kebutuhannya," jelasnya.

Para pecinta mini off-road ini biasa latihan bersama di lahan kosong di area kampus Universitas Wijayakusuma, Purwokerto.

Akan tetapi sebenarnya lokasi biasa mereka main bukan hanya disitu saja, sebab terkadang mereka main juga bermain di alam terbuka seperti hutan pinus Baturraden dan di daerah Kemutug Lor, tepatnya di pemancingan Saung Kejo.

Aris mengatakan jika latihan bersama ini selain untuk menyalurkan hobi, sekaligus juga menjaring peserta yang berpotensi untuk mengikuti kejuaraan daerah (Kejurda) ataupun kejuaraan nasional (Kejurnas).

"Kemarin sempat mengirimkan ke Kejurda Jatim tetapi belum mendapat juara, mudah-mudah lain waktu," katanya.

Aris menambahkan jika dalam segi ketahanan lebih kuat mobil mini off-road dengan ukuran perbandingan 1:10.

Salah seorang pecinta mobil mini off-road remote control adventure, Agus Hidrantio mengatakan jika dirinya juga pecinta mobil off-road yang asli.

Memang dalam komunitas Remote Control (RC) Adventure Bawor Ngapak Banyumas kurang lebih terdapat 10 orang yang punya mobil off-road asli suka juga bermain mobil mini off-road remote control ini.

"Asik aja, biasa main satu-satu aman dengan mobil off-road yang asli dan ternyata main yang kecil, perhitungannya tidak sama," ungkap Agus.

Agus sendiri memiliki mobil mini off-road adventure dengan ukuran perbandingan 1:12 dengan harga Rp2 juta.

Mini RC Adventure boleh dikatakan sudah banyak yang menggemari dan sedang naik daun.

Mereka unjuk kemahiran dalam mengendalikan miniatur kendaraan off-road.

Ketua Remote Control (RC) Adventure Bawor Ngapak Banyumas, Trisma Nur Indra (35) mengatakan jika konsep dari permainan remote control adventure ini adalah menduplikasi mobil off-road 4x4 seperti aslinya.

"Kita hobi sekalian membuang jenuh, biasanya kalau adventure itu mainnya di alam bebas saja, kalau sirkuit seperti ini karena untuk persiapan kejuaraan biasanya," pungkasnya. (TribunBanyumas/Permata Putra Sejati)

Artikel ini telah tayang di Tribunbanyumas.com dengan judul Mengintip Keseruan Pecinta RC Adventure Bawor Ngapak Banyumas, Anak-anak pun Menggilai Offroad

Editor: Radifan Setiawan
Sumber: Tribun Jateng
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved