Yandex

Terkini Daerah

Orangtua Merantau, Belasan Anak di Tapal Batas RI-RDTL Wakili Terima BLT Dana Desa

Selasa, 9 Juni 2020 15:04 WIB
Pos Kupang

TRIBUN-VIDEO.COM - Belasan anak di daerah tapal batas RI-RDTL terpaksa hadir mewakili orang mereka untuk menerima dana bantuan langsung tunai, BLT Dana Desa.

Peristiwa terjadi di Desa Dualasi, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, saat acara penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Willybrodus Lay, kepada para penerima manfaat, Senin 8 Juni 2020.

Disaksikan PosKupang.com, di Aula Kantor Desa Dualasi, kecamatan setempat, Senin 8 Juni 2020, terlihat empat orang anak sedang duduk berjejeran untuk mengikuti acara penyerahan bantuan BLT DD secara simbolis oleh Bupati Belu Willybrodus Lay.

Terlihat anak-anak yang menghadiri acara tersebut menyita perhatian Bupati Willy Lay selama acara berlangsung.

Bupati Willy Lay, tampak terdiam kehadiran keempat anak-anak yang duduk berjejeran tersebut.

Kehadiran anak-anak itu sontak menarik perhatian seluruh hadirin tatkala Kepala Desa Dualasi, Andreas Avelino Mauk menjelaskan dalam laporannya.

Kades Dualasi, Andreas A. Mauk mengatakan, keempat anak tersebut hadir untuk menerima bantuan BLT DD.

Mereka menerima BLT menggantikan orangtua mereka yang saat ini sedang merantua di luar daerah NTT.

Para orangtua dari anak-anak tersebut merupakan keluarga yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sehingga mereka didata.

Mempertimbangan para orangtua yang tidak berada di tempat, maka pemerintah desa memberikan bantuan kepada anak-anak itu mereka tanpa diwakil.

Peristiwa ini membuat Bupati Belu, Willy Lay meneteskan air mata dalam sambutannya.

Ia merasa yang iba melihat anak-anak tersebut, beranjak dari tempat duduknya memanggil dua orang anak yang paling kecil.

Kepada kedua anak itu, Bupati Belu menanyakan keberadan orangtua mereka saat ini bagaimana hubungan komunikasi dengan dengan kedua orangtua masing-masing.

Usai memberikan peneguhan belasan anak yang mewakili orang tua mereka dalam acara penyerahan BLT itu, Bupati Willy Lay menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Dualasi dan Camat Lasiolat.

Dikatakannya, "Saya terharu sekali. Kalian tinggal dengan siapa disini. Saya mengapresiasi kepada Kepala Desa dan Camat yang sangat bijak dalam memberikan bantuan.”

Lebih lanjut Dia mengatakan, bantuan tersebut bisa diberikan kepada semua orang selama memenuhi syarat. “Memang bantuan ini diberikan kepada siapa saja asalkan memenuhi syarat", ujar Bupati Willy Lay.

Dia mengatakan, bantuan penanggulangan Covid-19 tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19 terutama kebutuhan pangan bagi keluarga.

Selain itu dari laporan Kepala Desa Dualasi, Andreas Avelino Mauk, jumlah KK di Desa Dualasi sebanyak 207 kepala keluarga (KK) dan yang menerima BLT DD sebanyak 128 KK.

Sedangkan yang lainnya menerima bantuan PKH 74 KK, BST 25 KK dan perluasan sembako 15 KK. Keluarga yang tidak menerima bantuan Covid-19 adalah keluarga yang tidak memenuhi syarat seperti, PNS, TNI, Polri, pensiunan dan veteran.

Kepada wartawan, Andreas mengatakan, ada belasan anak yang menerima bantuan karena kedua orangtua mereka sedang merantau di Malaysia dan Kalimantan.

Hadir saat itu, Kepala Dinas PMD, Januaria Nona Alo, Pimpinan Kantor Perum Bulog Cabang Atambua, Naomi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu, Cristoforus M. Loe Mau, Kabag Pembangunan, Camat Lasiolat, Kapolsek Lasiolat, Danramil dan Kepala Desa Dualasi, Andreas Avelino Mauk. (*)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Video—Belasan Anak Dari Tapal Batas RI-RDTL Wakili Ayah dan Ibu di Rantauan Untuk Terima BLT

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Pos Kupang
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved