Yandex

Travel

Selandia Baru Mulai Longgarkan Aturan Lockdown, Restoran dan Cafe Kembali Beroperasi

Selasa, 2 Juni 2020 16:59 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Restoran, kafe, dan bar di Selandia Baru sudah buka kembali mulai pertengahan Mei 2020.

Dilansir dari Nzherald.co.nz, restoran dan kafe mulai buka pada 14 Mei 2020, sedangkan bar mulai 21 Mei 2020.

Mengutip VOA News, Selandia Baru mulai melonggarkan aturan lockdown.

Sehingga diizinkan mengadakan pertemuan yang melibatkan sampai 100 orang mulai Jumat (29/5/2020).

Namun tetap harus mengikuti prosedur kesehatan dan keselamatan seperti tetap menjaga jarak aman.

Selain itu, restoran dan kafe di Selandia baru boleh buka di bawah aturan level 2.

Pada saat aturan buka kembali berlaku, tempat makan pun banyak yang fully-booked.

"Dalam kurun waktu 24 jam sejak pengumuman pada Senin (11/5/2020), kami melihat bahwa banyaknya restoran levelnya sudah seperti suasana pesta pada Desember. Dengan kata lain, orang-orang sudah ingin makan di luar," ujar founder situs pemesanan Restaurant Hub Mark Gregory seperti mengutip Nzherald.co.nz.

"Kami pun melihat banyak restoran terkenal yang fully-booked hanya dalam beberapa jam," lanjutnya.

Menurut Mark Gregory, para pemilik restoran ingin mengetahui berapa tempat duduk yang dipesan sehingga dapat mengatur meja dalam jarak aman yang artinya juga mereka harus menyiapkan lebih sedikit meja daripada kapasitas asli restoran.

"Mereka (pemilik restoran) tak ingin mengecewakan (pelanggan) dan restoran dapat menampung 2 orang pelanggan dalam satu meja dengan batas maksimal dine-in selama 2 jam," kata Mark Gregory.

Terkait level 2 untuk dine-in restoran, terdapat beberapa protokol kesehatan yang harus dijalankan restoran yang buka kembali.

Aturan tersebut di antaranya, mencatat data pelanggan yang datang, jaga jarak 1 meter antar kelompok pelanggan, dan bisnis yang melibatkan kontak dengan orang lain diharuskan mengenakan PPE (personal protective equipment).

Sementara itu untuk aturan physical distancing, kelompok (keluarga dan teman dekat) diizinkan untuk berkumpul maksimal 10 orang dan jaga jarak dengan orang asing setidaknya 2 meter.

Melansir Stuff.co.nz, Dua restoran yang mulai buka di Selandia Baru di antaranya McDonald's dan KFC. Keduanya akan mulai membuka gerai mereka secara bertahap pada level 2.

McDonald's Selandia Baru masih memproses bagaimana penataan gerai mereka bila mengikuti aturan level 2, langkah tersebut pun akan memungkinkan mereka untuk membuka kembali layanan dine-in dan takeout.

Di bawah aturan level 2, setidaknya sebanyak 28 gerai McDonald's di Selandia Baru buka kembali, termasuk gerai yang tidak menyediakan drive-thru dan yang berada di food court.

McDonald's Selandia Baru sudah mulai buka pada 16 Mei 2020, tetapi tipe layanannya mungkin berbeda pada tiap gerai.

Sementara itu, KFC juga sedang dalam proses pendekatan bertahap untuk buka kembali layanan di gerai tetapi mungkin tidak menyediakan dine-in di bawah aturan level 2.

Gerai KFC di bawah level 3 akan tetap melayani drive-thru dan delivery, sedangkan untuk layanan pick-up dan pemesanan langsung di dalam gerai akan mengikuti aturan khusus.

Aturan khusus yang dimaksud adalah tak boleh ada lebih dari 10 pelanggan di dalam gerai dalam sekali waktu dan pelanggan diminta mengisi data diri secara elektronik (electronic contact tracing register).

Pada aturan level 2, layar perlindungan juga akan dipasang untuk layanan yang lebih aman dan tak menerima pembayaran uang tunai. (*)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Longgarkan Lockdown, Restoran dan Kafe di Selandia Baru Buka Kembali Termasuk McDonald's dan KFC

Editor: Panji Anggoro Putro
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved