Yandex

TRIBUNNEWS UPDATE

Memasuki New Normal, Pengunjung Pasar dan Toko Swalayan Dibatasi Maksimal 40 Persen

Senin, 1 Juni 2020 22:10 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Pengelola mall atau pusat perbelanjaan wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat kenormalan baru (new normal) diberlakukan.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengeluarkan aturan mengenai pembatasan jumlah pembeli di pasar rakyat dan supermarket selama pandemi Covid-19.

Dalam aturan tersebut pengunjung dibatasi maksimal 40 persen.

Dikutip dari Kompas.com, aturan tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2020 yang diterbitkan tanggal 28 Mei 2020 tentang pemulihan aktivitas perdagangan yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 dan new normal.

Aturan tersebut dikeluarkan seiring rencana pemerintah untuk memberlakukan kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Surat edaran tersebut mengatur protokol kesehatan bagi penyelenggara kegiatan di pasar rakyat, toko swalayan, restoran dan kafe.

Selain itu mengatur untuk toko obat dan alat kesehatan, mal atau pusat perbelanjaan, restoran di rest area, salon.

Serta tempat pariwisata dan tempat hiburan tertentu seperti kebun binatang, museum, dan galeri seni.

Dalam surat edaran tersebut, jumlah pengunjung pasar selama pandemi Covid-19 maksimal 30 persen dari jumlah pengunjung pada saat kondisi normal.

Adapun untuk toko swalayan seperti minimarket, supermarket, hipermarket, dan department store, jumlah pengunjung maksimal 40 persen dari jumlah pengunjung pada saat kondisi normal.

Pada area toko dan pasar, wajib disediakan tempat cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer.

Tak hanya itu, pengelola pasar dan toko swalayan diimbau menjaga kebersihan dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala setiap dua hari sekali.

Hingga Senin (1/6/2020), jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia mencapai 26.940 orang.

Tercatat ada penambahan sebanyak 329 pasien Covid-19 yang sembuh. (Tribun-video.com/ Rena Laila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul New Normal, Pengunjung Pasar dan Toko Swalayan Dibatasi Maksimal 40 Persen

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Bhima Taragana
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved