Yandex

Terkini Nasional

Rapid Test 1.100 Warga Sragen, Bupati Yuni Sebut Belum Memenuhi Standar

Sabtu, 23 Mei 2020 16:15 WIB
Tribun Jateng

TRIBUN-VIDEO.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen telah lakukan rapid test kepada kurang lebih 1.100 atau 0,4% warga masyarakat Kabupaten Sragen hingga hari ini.

Hal tersebut disampaikannya disela-sela tinjau pelaksanaan rapid test di tiga toserba dan swalayan di Sragen, Luwes, Matahari dan Mitra, Jumat (22/5/2020).

"Harusnya sampling yang paling tepat itu adalah diambil 1% dari total populasi kita misal satu juta penduduk yang mestinya diambil 10.000.

Sampai hari ini kita baru mencapai angka 0,4% kira-kira 1.100 lebih lah yang sudah kita ambil sampel," kata Yuni.

Yuni menyampaikan secara bertahap pihaknya akan penuhi sampling yang tepat tersebut.

Dikatakannya sebanyak 2.500 rapid test kit akan datang besok, dimana akan disebar di 20 kecamatan.

Selain disebar di 20 Kecamatan, Yuni menambahkan sebanyak 2.500 rapid test yang akan datang setelah lebaran juga akan dilakukan terhadap orang-orang yang berisiko tinggi seperti ibu hamil.

"Agar kami bisa mengambil sampling seluruh warga di Kabupaten Sragen. Ini salah satu upaya kami untuk mengetahui kondisi riil yang ada di Sragen sebenarnya berapa sih nanti akan bisa diprediksi atau yang positif".

"Ataupun bagaimanakah kampanye kita sudah aktif atau belum nah ini yang menjadi perhatian kita semua," terangnya.

Sejauh ini menurutnya respon masyarakat baik dan masyarakat secara mandiri dan sukarela mau untuk dilaksanakan tes, walaupun ada beberapa yang menolak.

"Ada rasa khawatir, rasa takut itu wajar tapi secara umum warga masyarakat bersedia untuk dilakukan rapid test," terangnya.

Yuni berharap dengan adanya sampling yang diambil di tiga pusat perbelanjaan tersebut cerminkan perubahan perilaku dari masyarakat terkait kampanye Covid-19 terlihat.

"Kampanye kita yang gencar dilakukan selama ini seperti Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pakai maskernya kemudian jaga jarak dan physical distancing, serta tidak berkerumun bisa terlihat," katanya.

Yuni juga berpesan kepada masyarakat Sragen, menyambut hari Raya Idulfitri ini agar senantiasa berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

"Bapak ibu yang sudah mendapatkan BLT baik itu ke BST, BLT Desa ataupun BPNT atau PKH mohon untuk bisa digunakan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok tidak untuk memenuhi segala sesuatu yang serba sekunder," tandasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Pemkab Sragen Telah Rapid Test 1.100 Warga, Bupati Yuni Sebut Belum Penuhi Standar

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribun Jateng
Tags
   #rapid test massal   #Sragen
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved