Yandex

tribunnews update

Langgar Ketentuan Jual Beli, Sopir dan Kernet Pembawa 600 Kg Lobster Diringkus Polisi

Sabtu, 23 Mei 2020 08:33 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Melanggar ketentuan, sopir beserta kernet mobil Mitsubishi yang hendak membawa udang laut atau lobster ke Provinsi Lampung diringkus Polres Bengkulu.

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Sudarno mengatakan, mobil itu memuat drum berisikan 600 Kg udang segar dan lobster dari Kabupaten Kaur.

"Mobil tersebut memuat drum berisikan 600 Kg udang segar dan lobster dari Kabupaten Kaur dengan tujuan Provinsi Lampung."

Dilansir oleh Kompas.com, pelaku menyalahi aturan lantaran bobot lobster tersebut dibawah 2 ons.

"Saat diperiksa isinya lobster, bobotnya dibawah 2 ons yang menyalahi prosedur," sebut Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Sudarno dalam rilisnya pada kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Bila terbukti pelaku yang membawa udang lobster, bisa dijerat dengan pidana sesuai dengan permen KP, tentang pengelolaan Lobster, kepiting dan rajungan.

Selain permen KP, serta melanggar pasal 92 UU RI nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan.

Hingga kemarin penyidik masih memeriksa sopir dan juga kernet, yang menjadi saksi dalam aksi penyelundupan lobster itu.

"Untuk jumlahnya belum kita lakukan penghitungan, saat ini kondisi lobster yang kita amankan dalam kondisi masih hidup," ujarnya.

Untuk melakukan pengukuran termasuk juga penghitungan jumlah lobster yang masih diletakkan di dalam drum pada mobil itu, pihak kepolisian berencana akan memanggil tim ahli.

Dari beberapa ekor sampel yang diambil oleh pihaknya dan dilakukan pengukuran, ternyata bobot lobster tak sampai 2 ons yang selayaknya belum diperjual belikan.

"Nanti kita hitung termasuk juga dilakukan pengukuran ulang, kita juga akan kembangkan siapa siapa yang membeli lobster dari tangan nelayan di Kabupaten Kaur," jelasnya.

(Tribun-Video.com/Inung Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "600 Kg Lobster Akan Diselundupkan ke Lampung, Tertangkap Polisi di Bengkulu"

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Muhammad Nur Rohmad
Video Production: Kharis Ardiyansah
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved