Yandex

Tiga Desa di Demak Terendam Rob, Ketinggian Air Capai 30 hingga 80 Centimeter

Jumat, 22 Mei 2020 16:26 WIB
Tribun Padang

TRIBUN-VIDEO.COM - Tiga Desa di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak terdampak banjir akibat rob atau air pasang laut, mengakibatkan ekonomi warga lumpuh.

Ketua RW 3 Desa Purworejo, Mukholidin mengatakan, jalan umum Desa Purworejo sudah terendam air dari perbatasan hingga ke menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sekira berjarak 5 kilometer.

"Sudah terendam air hingga 2 bulan terakhir," jelasnya saat ditemui di rumahnya, Kamis (21/5/2020).

Ia mengatakan, jalan umum dari perbatasan Desa Purworejo hingga ke TPI sekira berjarak 6 kilometer, sebagian besar terendam air rob.

Ia menyebut, angkutan umum tak berani masuk TPI berjarak 3 kilometer, akibatnya warga harus ojek becak dari warga sekitar.

"Ojek becak harus bayar lagi Rp 5000," jelasnya.

Ia menjelaskan, air pasang laut merendam jalan umum, jalan desa, dan gang, serta permukiman di tri desa atau tiga desa, yaitu Purworejo, Morodemak, dan Margolinduk setiap tahunnya.

Ia menyebut, ketinggian air rob antara ketinggian 10 hingga 20 centimeter baik di jalan umum dan masuk permukiman warga, tergantung tingginya air pasang laut dan tingginya pondasi rumah.

"Rob tahun ini yang terbesar.

Tahun Sebelumnya hanya dua jam sudah dapat dikendalikan, sementara tahun ini bisa seharian penuh, dari pukul 8 pagi hingga 9 malam," tuturnya.

Selain itu, ia menyebut warga harus meninggikan pondasi rumah dan memperbaiki sepeda motor, lantaran seringnya terkena air laut.

Ia menjelaskan, warga lebih baik naik perahu atau nambang dibandingkan harus menerjang air laut dengan kendaraan bermotor secara terus-terusan.

"Tingginya banjir rob ini bisa jadi lantaran banyaknya bibir pantai yang sudah terkikis," sebutnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang ia peroleh, jalan umum kabupaten demak ini akan ditinggikan 7 centimeter tahun 2020.

"Mungkin adanya pandemi corona ini, pembangunan jadi ditunda," imbuhnya.

Sementara satu warga Morodemak yang melintas, Syaifudin mengatakan, banjir akibat rob di perbatasan desa Purworejo dekat jembatan cinta atau Kali Tuntang Lama ini sudah terendam hingga 2 bulan terkahir.

Lanjutnya, ketinggian air dari 30 sampai 80 centimeter.

"Tidak ada penangan cepat dari pemerintah.

Berdasarkan informasi dari warga 2021 akan dibangun," jelasnya.(ivo)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Ekonomi Warga Lumpuh, 3 Desa di Demak Terendam Rob 2 Bulan Terakhir

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Padang
Tags
   #Demak   #Banjir Rob   #Purworejo
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved