Yandex

Tribunnews Update

Pria Disebut Lebih Rentan Terpapar Virus Corona, Begini Penjelasan Ahli

Rabu, 13 Mei 2020 14:53 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah studi baru menunjukkan pria disebut lebih rentan terpapar Virus Corona (Covid-19) daripada wanita.

Hal ini disebabkan lantaran tingginya kandungan enzim pada darah pria yang digunakan virus untuk menginfeksi sel, sehingga membantu virus bertahan di paru-paru.

Dikutip Kompas.com dari Science Alert, Selasa (12/5/2020), studi yang telah dipublikasikan pada 10 Mei 2020 di European Heart Journal tersebut, melakukan penelitian pada lebih dari 3.500 orang.

Semua sampel merupakan pasien gagal jantung dan lanjut usia di 11 negara Eropa.

Enzim bernama Angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) yang ditemukan pada jantung, ginjal, paru-paru, dan organ lainnya, memiliki kaitan dengan virus corona.

Pada Covid-19, enzim ini digunakan virus untuk memudahkan mereka menginfeksi sel sehat di paru-paru.

Studi lainnya pada enam negara menunjukkan bahwa laki-laki memiliki kemungkinan 50 persen lebih tinggi terpapar dan meninggal karena Covid-19, daripada perempuan.

Meski demikian, kondisi perbedaan gender pada infeksi Covid-19 belum cukup mencolok di seluruh dunia.

Selain enzim ACE2, para peneliti juga mengungkapkan beberapa teori lainnya mengenai penyebab pria lebih rentan terhadap Virus Corona.

Seperti, pria memang cenderung lebih rentan terhadap penyakit yang dapat memperburuk infeksi virus contohnya darah tinggi atau diabetes.

Pada beberapa negara, perokok juga lebih banyak ditemukan pada pria ketimbang wanita.

Beberapa penelitian juga menunjukkan pria cenderung lebih jarang mencuci tangan, sehingga mereka menjadi lebih rentan terinfeksi virus corona baru, SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19. (Tribun-Video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Penyebab Mengapa Pria Lebih Rentan Terpapar Covid-19

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Nila
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Kompas.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved