Yandex

Puasa Asyik

PUASA ASYIK - Makam Ronggowarsito, Terdapat Sumur yang Tidak Pernah Diketahui Awal Mulanya

Sabtu, 2 Mei 2020 10:43 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Selamat menunaikan ibadah puasa ya Tribunners, alhamdulilah kesempatan kali ini puasa asyik masih bisa menemani Tribuners semua.

Tribunners aku saat ini ada di kota yang terkenal dengan wisata sumber mata airnya loh, ya yaitu Kota Klaten, Jawa Tengah.

Perjalananku kali ini ingin mengetahui sejarah seorang tokoh pujangga terkenal dimasa dulu yang sampai saat ini karya-karyanya masih ada.

Ada yang tau aku sedang dimana ya, aku saat ini berada di makam RNg Ronggowarsito.

RNg Ronggowarsito adalah seorang tokoh pujangga dan peramal ulung yang sangat disegani oleh para raja-raja yang ada di tanah Jawa.

Ronggowarsito lahir di Yosodipura, Surakarta, Jawa Tengah, dengan nama kecil Bagus Burhan.

Dalam penanggalan Jawa, Ronggowarsito terlahir pada tanggal 10 Dzulkaidah, tahun be 1728, wuku sungsang, atau dalam hitungan penanggalan Masehi berarti 15 maret 1802, tepat pukul 12.00 siang.

Ronggowarsito dikenal memiliki spiritual dan olah kebatinan kejawen yang tinggi.

Dia, akhirnya didaulat oleh Sultan Keraton Surakarta untuk menjadi peramal istana kerajaan yang merupakan kerajaan pecahan dari Keraton Yogyakarta, hasil dari perjanjian giyanti tahun 1755.

Tugas dari Raden Ronggowarsito adalah meramalkan setiap apa saja yang bakalan terjadi pada pemerintahan Keraton Surakarta.

Makam RNg Ronggowarsito terletak di Desa Palar, Kecamatan Trucuk, Klaten. Sebuah desa yang tenang dan jauh dari hirup pikuk keramaian kota.

Tempat ini berupa sebuah kompleks kuburan kuno. Di areal kompleks makam seluas kurang lebih 100 meter persegi.

Terletak sekitar 10 km sebelah tenggara pusat Kota Klaten. Makamnya terbuat dari batu pualam putih bertuliskan huruf Jawa.

Terdapat empat pilar di sekeliling makam lengkap dengan kelambu putih. Di depan makam ada tempat bagi para peziarah untuk menaruh bunga dan berdoa.

Pada hari-hari tertentu banyak peziarah mendatangi makam tersebut. Mereka tak hanya berasal dari Klaten, tetapi juga dari luar Klaten.

Makam Ronggowarsito tak pernah sepi dari pengunjung. Ada yang datang, karena ingin melihat kenangan tentang kebesaran seniman Ronggowarsito.

Perlu Tribunners ketahui beberapa presiden pernah singgah di sini loh.

Tak hanya terdapat komplek makan di tempat ini ada sebuah sumber mata air unik yang tidak pernah diketahui warga kapan sumur in mulai ada. Dan biasa di sebut sumur tiban.

Sumur ini juga tidak kalah bersejarahnya, jadi saat berada di komplek makan jangan lupa melihat atau mencoba kesegaran air dari sumur ni

Sejarah telah berlalu namun karya-karya sang pujangga besar tak kan pernah terlupakan

Sekian perjalananku di Kota Klaten sampai jumpa di perjalanan berikutnya.(*)

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Rena Laila Wuri
Videografer: Radifan Setiawan
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: Tribun Video
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved