Yandex

WOW UPDATE

Klarifikasi Lurah Klojen soal Surat RW yang Viral, dan Terlanjur Tersebar di Masyarakat

Rabu, 29 April 2020 12:56 WIB
Surya Malang

TRIBUN-VIDEO.COM - Sempat beredar di media sosial, surat imbauan yang dikeluarkan oleh Ketua RW 02, Kelurahan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur terkait Virus Corona yang menuai polemik.

Hal ini dipicu pada satu di antara empat poin yang dikemukakan menimbulkan keresahan, terutama untuk para tenaga medis dan pasien rumah sakit.

Dalam poin tersebut dijelaskan, bahwa para tenaga medis, pasien , ataupun keluarga pasien tidak diperbolehkan mengontrak atau tinggal sementara di wilayah tersebut.

Dilansir oleh SuryaMalang.com, Senin (27/4/2020) Lurah Klojen, Nurhadi akhirnya angkat bicara terkait polemik tersebut.

Ia menegaskan surat imbauan tersebut dibuat oleh Ketua RW 02 berasarkan keluhan dari masyarakat.

Warga setempat disebut oleh Nurhadi kerap menemukan sampah medis yang dibuang sembarangan di sekitar kampung.

"Resahnya itu karena banyaknya masker dan infus yang banyak ditemui di tempat sampah di lingkungan RW 02. Jadi itulah yang dikhawatirkan oleh warga," ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya juga sudah meminta Ketua RW untuk merevisi poin pertama sebelum disampaikan ke warga.

Akan tetapi, surat imbauan yang belum direvisi tersebut terlanjur tersebar luas dan banyak masyarakat luas yang mengetahuinya.

"Maka dari itu, surat pertama itu langsung tersebar luas. Padahal sebelum disebarkan surat itu sudah disampaikan ke saya pada tanggal 20 April 2020. Pada saat itu juga saya minta untuk direvisi yang poin nomor satu," ucap Nurhadi.

Pasca direvisi, poin pertama berganti menjadi imbauan penerapan social distancing dan juga physical distancing untuk seluruh warga.

Pada kesempatan itu, Nurhadi juga menegaskan, bahwa di lingkungan RW 02 tidak ada pengusiran yang dilakukan oleh warga kepada tenaga medis ataupun pasien yang sedang kos.

"Ini sudah kami revisi. Dan sudah kami sebarluaskan. Koordinasi dari pihak RSSA dan dari Camat Klojen sudah kami lakukan."

"Kami juga sempat turun ke wilayah RW 02. Memang di sana banyak tempat kos," tandasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di suryamalang.com dengan judul Polemik Surat Imbauan RW 02 Klojen Malang Tak Terima Hunian Kos Tenaga Medis, Ini Penjelasan Lurah

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Fransisca Krisdianutami Mawaski
Video Production: Marsisca Puguh Setiari
Sumber: Surya Malang
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved